Minggu, 21 April 2019

Music Technology Lifestyle

Mengenali Instrumen Drum

Penulis :
Selasa, 20/10/2015 09.00.00 | Dibaca: 6113




Mengenali Instrumen Drum

www.wikihow.com


Compusiciannews.com -Instrumen-  Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang belajar ritme drum untuk pemula, dan pada artikel ini kita akan mulai belajar mengenal bagian-bagian dari instrumen drum. Sebelum kita memainkan drum, kita harus paham berbagai fungsi dari setiap bagian instrumen drum.

1. Basic Drum Kit

Begitu banyak merk drum kit yang dijual dengan berbagai macam ukuran, tetapi semua drum yang ada pasti mempunyai basic kit yang wajib, yaitu:

  • Bass Drum, yaitu bagian drum yang berukuran paling besar, berada di bawah. Bass drum berfungsi menghasikan suara rendah "bass/low pitch", dan dimainkan menggunakan kaki.
  • Snare Drum, yaitu bagian drum yang berfungsi menghasilkan suara "treble" yang keras. Biasanya snare drum diletakan di sisi yang berlawanan dengan tangan dominan pemain drum, misalkan sang pemain adalah orang yang mempunyai tangan dominan kanan maka letak snare drum berada di sisi kirinya, begitu juga sebaliknya.
  • Tom-tom Drum, yang dibagi lagi menjadi 3 bagian.  Floor Tom (tom yang menghasilkan deep pitch) terletak di bawah, Mid-Tom (tom yang menghasilkan medium pitch) terletak di atas bass drum, High-Tom (tom yang menghasilkan high pitch) terletak di atas bass drum.

2. Berbagai Jenis Symbal

Symbal adalah bagian drum yang berbentuk piringan logam, dan akan menghasilkan resonansi suara ketika dipukul. Ada 3 jenis symbal yang paling sering digunakan, yaitu:

  • Hi-hat, yaitu sepasang symbal yang terpasang pada pedal kaki. Symbal bisa dimainkan dengan kaki anda, ataupun dengan dipukul menggunakan stick drum. Sound yang dihasilkan dari hi-hat bisa bervariasi tergantung bagaimana pemain memainkan kakinya atau memukulkan sticknya pada hi-hat.
  • Ride Symbal, yaitu symbal yang biasanya berada di sisi kanan. Ride symbal menghasilkan sound yang lebih lembut dibandingkan symbal lainnya.
  • Crash Symbal, yaitu symbal yang menghasilkan suara lebih keras dibandingkan symbal lainnya, dan mempunyai resonansi lebih lama. Biasanya crach symbal di pukul pada akhir sebuah lagu.

3. Cara Memegang Stick Drum

Ada 2 cara untuk memegang stick drum, yaitu:

  • Matched Grip, yaitu meletakan stick diantara ibu jari dan jari telunjuk beberapa inch dari pangkal stick. Dan letakan jari-jari lainya untuk membungkus stick.
  • Traditional Grip, yaitu meletakan stick diantara jari telunjuk dan jari tengah, dan posisi tangan pemain seperti sedang memegang sumpit. Cara ini digunakan pada tangan yang non-dominan.

4. Berbagai Jenis Stick

Ada berbagai jenis stick drum di luar sana, tetapi setiap jenis stick mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Untuk pemula disarankan anda memakai jenis stick drum yang standard terlebih dahulu.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda