Sabtu, 25 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Belajar Menjadi Pemain Keyboard yang "Groovy"

Penulis :
Minggu, 21/09/2014 14.00.15 | Dibaca: 4261




Belajar Menjadi Pemain Keyboard yang "Groovy"

amenfoto.com


CompusicianNews.com -Instrumen- Pemain-pemain keyboard/piano yang di ajar dari gaya klasik Eropa atau yang terbiasa hanya menjadi pemain keyboard solo dengan full automatic ritem, ketika bermain Solo dengan/atau tidak dengan vokal kadang terlihat kaku.  Bahasa yang sering didengar adalah "tidak groovy".  

Menjadi groovy memang seakan-seakan menjadi sesuatu yang sangat misterius dan bahkan cenderung menjadi mitos.  Hanya orang-orang tertentu yang memang bakat yang bisa "get the groove".

Mungkin mitos tersebut ada benarnya bahwa ada orang-orang tertentu yang ada bakat spesial sehingga memainkan ritme menjadi sangat natural.  Di pihak lain, kelihatan sulit sekali bagi pemain-pemain tertentu untuk dapat melakukannya.

Ada 3 tips singkat yang bisa digunakan para pemain keyboard/piano untuk berlatih groove.

1.  Belajar berfikir musikal seperti pemain drum.  Mampu bermain drum menjadi keuntungan yang besar.  Termasuk belajar teknik-teknik seperti paradidol dan sebagainya, 

2. Tangan Kiri (Bass) di perlakukan seperti bass drum, dan Tangan Kanan (chord) diperlakukan seperti snar drum)

3.  Belajar khusus 16th beat dan musik funk.  Dengan memiliki "internal 16h beat metronome" di dalam pikiran, pemain keyboard/piano secara natural akan mengikuti groove tersebut.

Tips singkat diatas akan sangat bermanfaat apabila dikerjakan terus menerus dalam satu komunitas, sampai kita mendapatkan groove tersebut.  Seperti bahasa jawa mengatakan ilmu itu angel nek durung ketemu artinya ilmu sulit hanya kalau belum ditemukan, setelah ditemukan semua menjadi milik kita.  Keep on Groovin'

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda