Minggu, 21 April 2019

Music Technology Lifestyle

Apa itu Arransemen dan Orkestrasi?

Penulis :
Jumat, 15/07/2016 13.43.49 | Dibaca: 2610




Apa itu Arransemen dan Orkestrasi?

www.flstudio-samples.com


Compusiciannews.com -Instrument- Dalam musik ada ilmu yang khusus mempelajari Aransemen dan orkestrasi, dua ilmu ini sangat berguna jika kita sebagai guru, arranger, musisi atau composer dalam membuat musik atau mendandani sebuah lagu atau musik.

Sebelum jauh kita membahas dua ilmu ini maka perlu kita tahu apa sebenarnya istilah – istilahnya. Aransemen istilahnya adalah mendandani sebuah lagu. Kalau orkestrasi adalah ilmu dimana memilih atau menentukan instrument – instrument yang akan kita gunakan untuk mengaransemen sebuah lagu supaya lagu tersebut menjadi lebih menarik, indah dan cantik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam aransemen dan orkestrasi. Dalam konteks musik pop pada umunya selain drum, piano, bass, guitar bisa juga memakai strings instrument yang berdawai yaitu violin, viola, cello, contrabass.

Berikut hal yang harus diperhatikan disaat kita akan mengaransemen dan mengorkestrasi sebuah lagu :

Idea dari konsep aransemen

Hal ini sangat penting dimana kita kalau tahu tujuannya maka akan sangat mudah menyelesaikan project ini, karena sebagai arranger kita sudah tahu blueprint music yang bakalan akan kita bikin.

Memilih referensi untuk perbandingan aransemen yang akan kita buat

Contoh sederhana kita punya referensi bentuk dan ide arransemen dari karya orang lain sebagai pembanding, akan membantu kita mendapat banyak ide dan feel dari musik yang akan kita bikin.

Mencoba lagu di instrument yang kita kuasai

Contoh di gitar dan piano. Untuk mencoba kemungkinan-kemungkinan dan trial karena proses ini menjadi sangat mendasar dalam aransemen.

Mencoba berbagai chord

Tujuan hal ini supaya kita mendapat harmony yang enak dan sesuai dengan keinginan kita, dan menentukan phrasing yang tepat.

Memilih instrument-instrument yang akan kita pakai

Ini penting supaya aransement kita tidak terlalu sepi atau terlalu ramai.

Perhatikan range di masing-masing instrument

Hati-hati dalam memilih instrument strings, apakah mau dimainkan secara open, closing atau unison. Dalam instrument string biasanya dipakai untuk layer, yaitu pengiring background.

Media untuk mengaransemen bisa memakai berbagai cara :

Bisa menulis pada kertas garis para nada

Sambil memainkan di instrument lalu ditulis ke kertas, chord dan voicingnya.

Bisa memakai software DAW

Dimana kita bisa langsung merekam dan mendengarkan hasil permainan kita. Software DAW bisa  memakai mixcraft, protools dan lain-lain, atau software scoring bisa memakai Sibelius, finale, dan lain-lain.

Itu tadi konsep dalam ilmu arransemen dan orkestrasi, namun yang utama adalah saat mengaransemen dan orkestrasi kita harus tahu tujuan akhir yang akan kita kerjakan. Karena sesuai pembahasan diatas bahwa kita mendandani sebuah lagu makan jangan sampai terlalu menor, karena akan merusak dasar lagu atau musik itu sendiri. Seperti halnya orang memakai rias wajah kalau terlalu menor akan merusak wajah tersebut sehingga kecantikan dan keindahannya hilang.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda