Snapchat, Aplikasi Pesan Instan dan Trend Streaming Masa Kini

 

Compusiciannews.com -Industri- Kebanyakan orang terbawa dengan trend internet tahunan dimana laporan ini dibuat oleh analis Mary Meeker, yang sekarang merupakan mitra di perusahaan permodalan Kleiner Perkins Caufield Byers. Meeker merilis laporan terbarunya melalu presentasi yang dia buat sebanyak 197 slide di PoerPoint, pada hari Rabu (27/05) silam. Diantaranya penelitian mengenai pentingnya layanan pesan instan, seperti WhatsApp, Facebook Messanger dan Snapchat yang sudah bermitra dengan perusahaan musik, Warner Music Group dan beberapa perusahaan media lainnya yang menyediakan konten harian.

Terdapat 1 alasan yang sederhana kenapa pemilik konten bisnis musik, artis dan manager harus bekerja sama dengan perusahaan aplikasi mobile. Karena aplikasi Mobile menarik jumlah pengguna yang sangat besar dan dengan menambah layanan baru akan lebih dapat megundang banyak pengguna nantinya.

Snapchat, yang memulai sebagai layanan pesan video yang murni, merupakan sebuah wadah yang baik dalam poin ini. Aplikasi ini memungkinkan seseorang mengirimkan video pendek ke teman-teman. Konsep sederhananya telah berjalan. Snapchat sedang booming dan para investor ingin pertumbuhan dan perkembangan lebih lagi. Pada hari Jumat (29/05) lalu diumumkan bahwa aplikasi ini telah menggalang dana sebesar US$ 538 juta dan membaa pembiayaan total sebesat 1,2 juta, menurut media CrunchBase.

Snapchat menambah video kontennya dari perusahaan media luar melalui konten vertical yang disebut sebagai Discover, sebuah platform in-app dengan konten yang terlisensi dari perusahaan media, seperti Warner Music Group, Vice Media dan Comedy Central. (Warner percaya baha Streaming memiliki masa depan yang cerah dan gemilang, namun tidak terlalu menjanjikan, kata CEO arner  Stephen Coooper, “Terlalu dini dikatakan” berapa banyak yang dihasilkan dari layanan seperti Snapchat ini).

Perusahaan-perusahaan media perlu mengadaptasi konten mereka untuk teknologi yang baru dan populer. Perangkat mobile memperhitungkan sebesar 51% per waktunya selama hampir 3 jam, orang dewasa di Amerika menghabiskan waktunya pada gadget yang memiliki 2 jenis view, horizontal dan vertikal dan 4,3 jam per hari dihabiskan menonton televisi dengan kondisi layar yang hanya bisa memberikan view horizontal saja, menurut data dari eMarketer.

Aplikasi pesan instan hanya akan menjadi lebih atraktif pada pemilik konten. Snapchat sekarang memiliki 100 juta pengguna aktif dan 41% diataranya adalah remaja Amerika yang berumur 13-17 tahun, menurut penelitian dari Pew Research Center. Facebook Messanger juga bertumbuh secara pesat sejak keluarnya di layanan Facebook. Aplikasi ini sekarang memiliki 600 juta pengguna akitif setiap bulannya. Total view konten video juga naik 300% dalam 6 bulan terakhir dan ¾-nya berasal dari platform mobile.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *