Rabu, 20 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Vo Wand, Pengontrol Vibrasi Pada Gitar

Penulis :
Kamis, 19/02/2015 09.00.00 | Dibaca: 1846




Vo Wand, Pengontrol Vibrasi Pada Gitar

gizmag


Compusiciannews.com -Instrument- Kembali ke tahun 2012, Paul Vo dan Moog mengumumkan sebuah prototype alat yang saat itu dalam proses pengerjaan dan nantinya dapat mengontrol vibrasi dawai akustik untuk menyediakan soundscape yang harmonik. Setelah membuat beberapa tweak, Vo membawa hasil karyanya yang baru saja diberi nama Vo-96 Acoustic Synthesizer ke Kickstarter untuk dorongan akhir ke proses produksi. Kampanye ini akhirnya berhasil dan produknya sekarang tersedia dan dapat dibeli. Dan sekarang Vo kembali mengumumkan prototype barunya berupa Single String Sustainer genggam yang menggunkan teknologi yang sama dengan Vo-96. Dan inilah prototype baru Vo Wand.

Meskipun Sustainer genggam ini telah tersedia cukup lama, Vo berkata bahwa Wand lebih kuat dibanding yang sudah ada dipasaran. Wand ini menggunakan sistem kontrol getar yang diciptakan oleh Vo dan dipasang di gitar Moog dan Lap Steel, dan kemudian dimurnikan kembali untuk Vo-96 Acoustic Synthesizer. Faktanya, alat ini semacam versi genggam single channel dari sistem instrument tempel

 “Kontroler ini memancarkan energy elektormagnetik fokus yang koheren dalam fase yang sempurna dengan pegerakan dawai gitar,” kata Vo. “Semua energi menimpa pada gerak dawai untuk mendorong dawai meresonansi harmonik.”

Wand digunakan seperti gitar pick yang panjang, antara jempol dan jari depan dari tangan yang memegang pick, kecuali jika pemain tidak menyentuh dawai dan hanya menggunakan wand yang dilayang-layangkan diatas dawai. Feedback Haptic untuk indeks jari musisi akan disediakan oleh aktuator yang menggetarkan sebagaimana Wand dibawa dekat dengan dawai.

Paul Vo memainkan gitar dengan prototype Wand

Control Wand telah dibuat sensitif pada tekanan. Sebagaimana pemain meningkatkan tekanannya antara jari dan jempol, energy magnetic sustainer dan profile frekuensi menghasilkan harmonik dawai yang progresif dan lebih kuat. Nada pitch ditentukan dengan posisi jari pada leher dan suara yang berbeda dapat diperoleh dengan mencoba penempatan Wand yang berbeda posisi antara jembatan dan leher gitar.

Vo juga menyertakan Morphic Mode Switch yang mengaktifkan kontroler yang merespon gerakan Wand yang sangat relatif pada dawai. Gerakan lembut maju mundur pada dawai juga dapat memodulasi harmonisasi nada yang dihasilkan.

Wand ini dilengkapi dengan baterai Li-ion yang dapat bertahan selama 1,5 jam dengan keadaan baterai penuh. Dan saat ini masih berupa prototype dan untuk harga diperkirakan akan berkisar sekitar US$ 200.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda