Senin, 15 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Trend QR Code Makin Naik Hingga ke Proses Transaksi

Penulis :
Jumat, 04/05/2018 05.21.41 | Dibaca: 636




Trend QR Code Makin Naik Hingga ke Proses Transaksi

Tamugo


Compusiciannews.com -Sosial Budaya- Barcode dengan bentuk persegi panjang dan warna hitam putih yang hanya dapat diuraikan dengan computer. QR Code ini mewakili sebuah hyperlink atau sebuah teks yang dapat dibaca dengan memindai kode, contohnya memnggunakan QR Code reader di smartphone dan proses pemindaian ini tidak diperlukan koneksi internet.

Proses encoding ini sering terlihat dalam format Quick Response yang secara luas digunakan di Jepang dan China dimana tercatat QR Code telah memproses transaksi pembayaran mobile  hingga US$ 1,65 Triliun atau setara dengan Rp 23 triliun di tahun 2016. Namun QR Code ini belum begitu familiar di Amerika Utara dan Eropa, QR Code sendiri di Amerika Utara dan Eropa hanya tertera pada tiket pesawat dan label pengiriman serta aplikasi yang digunakan oleh Starbuck dan Walmart.

Kode yang dapat dipindai ini menjadi popular di Jepang di tahun 2002 saat akses internet mobile masih belum secanggih dan secepat sekarang. Para advertiser, publisher dan pembuat handset bekerjasama mempopulerkan QR Code sebagai cara untuk membagikan informasi dengan kostumer. Jepang memimpin setelah akhirnya metode pembayaran QR Code ini booming di China.

2 platform pembayaran digital di China, WeChat Pay dari Tencent dan Alipay dari Alibaba memungkinkan pembayaran dengan memindai QR Code, dalam hal ini kostumer dapat memindai code penjual atau penjual dapat memindai akun kode dari kostumer. Hal ini memungkinkan adanya pembayaran tanpa kontak langsung antara penjual dan pembeli dan dengan berkembangnya smartphone sekarang, membuat teknologi pembayaran ini terus berkembang.

Berikut ini trend pembayaran dengan QR Code melalui smartphone di China

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda