Jumat, 19 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Tips Upgrade Head Unit Standart

Penulis :
Minggu, 14/12/2014 07.00.45 | Dibaca: 3659




Tips Upgrade Head Unit Standart

www.alarmandstereo.com


CompusicianNews.com – Audio Car - Demi mengikuti perkembangan zaman, produsen mobil bersaing untuk menghadirkan teknologi terbaru pada mobil keluaran mereka. Fitur hiburan menjadi perhatian utama karena dinilai mampu menjadi daya tarik bagi konsumen.

Di era 90-an, fitur hiburan yang disediakan para produsen mobil hanya berupa head unit dengan pemutar kaset dan radio saja. Sedangkan sekarang, berbagai inovasi terbaru sengaja dihadirkan pada head unit. Head unit sudah menjadi perangkat multi fungsi yang dapat memutar CD, MP3 player, aux-in, dan tersedia pula koneksi iPod sebagai kelengkapan standar.

Bahkan, perkembangan head unit tak hanya sebagai pemutar musik saja, tetapi masih terus berlanjut dengan tersedianya fasilitas GPS, TV tuner, DVD player, rear view camera, dan internet browsing.

Mungkin beberapa mobil keluaran terbaru sudah menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut dalam head unitnya, tentunya hanya tersedia pada mobil-mobil varian tertinggi. Masalah terletak pada mobil dengan grade rendah yang belum memiliki tambahan fitur-fitur tersebut.

Namun, Anda dapat melakukan upgrade dengan mengganti head unit dengan produk Original Equipment Manufacturer (OEM) yang punya fitur lebih lengkap. Misalnya, upgrade head unit pada Volkswagen Golf dan Mazda2. Kali ini tergolong sangat praktis karena pemasangannya sudah plug and play, sehingga Anda tidak perlu meng­ubah apapun.

Head Unit Volkswagen Golf

Volkswagen Golf menyediakan dua varian head unit, yaitu TSI dan GTI. Keduanya memiliki perbedaan pada fitur. Untuk head unit TSI tersedia single CD, MP3, radio, serta layar monochrome. Sedangkan untuk head unit GTI memiliki fitur standar seperti CD, MP3, radio, dan monitor touchscreen 6,5 inci dengan resolusi tinggi. Terlebih, GTI sudah terintegrasi dengan CD charger yang bisa menampung hingga 6 keping CD.

Wajib untuk mengenal head unit lebih dalam sebelum memutuskan untuk melakukan pemasangan. Head unit GTI dengan jenis RCD 510 terdiri dari dua varian, Premium 7 dan Premium 8. Pada RCD 510, Premium 8 bisa untuk memutar DVD dan bisa juga ditambahkan rear view camera, sedang Premium 7 tidak bisa. Produk ini dapat diperoleh di bengkel resmi Volkswagen. Untuk melakukan upgrade head unit dibutuhkan dana sekitar Rp 24 juta.

Dalam pemasanganannya, head unit RCD 510 menggunakan sistem plug and play sehingga pemilik mobil tidak perlu merubah apapun. Hanya perlu dilakukan penyesuaian coding atau software pada head unit agar semua fitur dapat digunakan selama perjalanan. Bisa juga dengan menambahkan fitur aux-in dan iPod ready dengan biaya Rp 2,5 juta.

Head Unit Mazda 2

Untuk penyedia Mazda2 terdiri dari tiga varian, yaitu V varian terendah dengan fitur radio, CD, MP3 dan audio steering switch. Tipe R varian tertinggi dengan tambahan built in camera, Bluetooth, USB, iPod, internet browser capability serta layar touchscreen yang memberi kesan mewah. Sedangkan untuk tipe RZ memiliki fitur yang sama dengan tipe R namun diberi tambahan GPS.

Jika Anda ingin melakukan upgrade head unit tipe V ke R, maka sediakan dana sekitar Rp 7,5 juta. Sedangkan untuk tipe V ke RZ dibutuhkan dana sekitar Rp 9 juta. Hanya butuh Rp 2,5 juta untuk upgrade head unit tipe R ke RZ.

Upgrade head unit bisa dilakukan di dealer resmi Mazda. Pemasangan juga menggunakan sistem plug and play sehingga semua fitur bisa langsung difungsikan. Semua soket termasuk pengoperasian via tombol disetir bisa difungsikan. 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda