Jumat, 19 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Tiny TS, Synthesizer DIY Seukuran Kartu Kredit

Penulis :
Kamis, 15/12/2016 09.00.00 | Dibaca: 1244




Tiny TS, Synthesizer DIY Seukuran Kartu Kredit

New Atlas


Compusiciannews.com -Artistik- Tahun lalu, seorang insiyur remaja asal Swedia meluncurkan serangkaian penghasil suara elektronik yang cukup kecil untuk dimasukan ke saku. Sekarang ini, teman sesama negara Skandinavia Jan Ostman telah mengurangi ukuran synthesizer dengan bentuk yang lebih portable dan mungkin seukuran kartu kredit dengan projek DIY (Do-it-Yourself) yang open source, Tiny TS.

Pendiri dari synthesizer DSP yang menjual chip ke pembuat synthesizer DIY, Jan Ostman asal Swedia menggambarkan Tiny TS sebagai synthesizer yang unik, praktis dan menyenangkan. Ukurannya berkisar 100 x 65 mm, sebuah device yang mendukung  keyboard sentuh berkapasitas 1 oktaf dan  tombol 6 parameter yang terhubung ke pitch penyesuai dengan menerapkan filter dan amplitude serta kontrol rilis.

Sedihnya, alat ini belum tersedia namun sample suaramya bisa dikirim via audio speaker yang built-in dan alat ini bisa dikolaborasikan dengan bantuan alat-alat eksternal. Desain sirkuitnya menunjukan synthesizer ini didukung oleh input DC 6-9 V namun tidak ada detail yang diberikan. Ini berarti secara esensial synthesizer mobile harus membawa beberapa bentuk adapter atau modul baterai sebelum  menjalankan fungsinya.

Meskipun diagram sirkuit dan kode yang diperlukan dibuat tersedia untuk komunitas open source, Ostman menawarkan synthesizer DIY dalam  PCB (Printed Circuit Board) atau papan sirkuit cetak hanya dengan US$20 ditambah chip yang diprogram lebih awal dengan harga US$30, peralatan yang sudah utuh dijual dengan harga US$50 dan perangkat plug and play dengan harga US$60

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda