Kamis, 21 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Teknik Audio Mixing Sederhana

Penulis :
Selasa, 30/06/2015 13.48.08 | Dibaca: 3065




Teknik Audio Mixing Sederhana

www.nicholsonic.com


Compusiciannews.com -DAW- Kadang bagi telinga orang awam, me-mixing sebuah musik adalah proses yang cukup merumitkan dan memakan waktu yang cukup lama, namun saat ini CompusicianNews (CN) akan memberikan cara yang sederhana mengenai proses me-mixing sebuah karya musik hingga menjadi sebuah karya yang indah dan enak didengar dan berikut ini langkah demi langkah, CN memberikan panduan yang dapat anda ikuti dengan mudah.

Sebagaimana kita ketahui bahwa music production adalah sebuah seni, sebagaimana  juga dengan proses Audio Mixing. Bagaimana anda me-mixing musik anda menjadi sebuah karya seni. Anda harus belajar banyak hal hingga anda menemukan cara terbaik membuat karya musik anda terdengar seperti layaknya karya professional atau bahkan lebih baik.

Berikut ini 4 cara mudah untuk mengikuti langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk mix musik anda:

Langkah 1 –Persiapan

Sebelum anda memulai mixing, anda harus mempersiapkan diri dengan baik tentunya, yang berarti anda harus memiliki speaker yang benar, ruangan akustik, efek-efek yang cocok, DAW yang professional dan pengetahuan yang benar mengenai proses mixing.  Anda tidak akan menghasilkan mix yang baik jika anda tidak memiliki tool yang benar untuk melaksanakan proses ini.

Langkah 2 – Memperoleh Level yang benar.

Saat anda sudah dipersiapkan dengan baik kemudian anda akan membuka DAW favorit anda. Namun sebelum anda masuk ke pemrosesan audio, anda perlu masuk kedalam level yang benar dari sumber tanpa bergantung pada fader. Pastikan instrument-instrumen penting anda ada di depan.

Langkah 3 –Eq & Compression

Pertanyaan yang paling terkenal adalah  mana yang pertama masuk kedalam proses. Dan jawabannya bergantung pada efek yang ingin anda hasilkan untuk mixing yang sedang anda kerjakan dan meskipun ini berdampak baik atau buruk pada karya suara.

Kadang anda mungkin ingin membersikan suara dulu dengan menggunakan Eq kemudian baru dikompress setelahnya. Lain waktu anda mungkin ingin menjaga volume suara tetap konstan sebelum proses equalizing.

Langkah 4 – Stereo Image Shaping

Membentuk Stereo Image anda dapat bisa jadi tricky, kuncinya adalah menyeimbangkan suara mono anda dengan suara stereo anda. Saat lagu anda dimainkan dalam mono, tidak ada suara yang hilang. Itulah saat anda mengetahui proses mixing anda berhasil.

Menggunakan distorsi untuk memberikan suara sebuah suara yang analog dan hangat, anda juga dapat menggunakan Bitcrusher. Effek-effek seperti Flanger dan Phaser bisa menghasilkan suara yang indah pula. Gunakan efek seperti reverb, delay dan chorus untuk membentuk stereo image yang baik.

Ini adalah cara bagaimana anda mix musik anda  dan semoga bermanfaat. Happy Audio Mixing!!

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda