Kamis, 23 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Spotify Vs Apple Music, Siapakah yang Memenangkan Pertandingan Streaming?

Penulis :
Selasa, 23/06/2015 09.00.00 | Dibaca: 2089




Spotify Vs Apple Music, Siapakah yang Memenangkan Pertandingan Streaming?

sourcefed.com


Compusiciannews.com -Isu Terkini- Untuk semua maksud dan tujuan, Spotify saat ini masih menjadi raja dari layanan streaming dengan pengguna berbayar mencapai 20 Juta pelanggan dan belum termasuk 55 juta pengguna berbasis iklan atau Fremium.

Layanan yang lahir di Swedia ini saat ini masih memenangkan kompetisi sebagai layanan dengan pengguna terbesar. Dan sekarang ini Apple masuk dalam kompetisi ini dan akan meluncurkan secara resmi layanan barunya, Apple Music pada 30 Juni nanti. Bagaimanapun, sementara Apple Music memiliki keuntungan dari sumber dari sebuah perusahaan teknologi besar dibanding Spotify, ya atau tidak dapat menentukan pemenang saat ini.

Berdasarkan event tahunan Apple WWDC dalam perilisian awal layanan musik streaming barunya, Apple Music yang berasal dari produk kesayangan Dr. Dree dan Jimmy Iovine yang diakuisisi Apple muncul  sebagai ancaman besar yang dihadapi Spotify dalam kompetisi pasar Streaming saat ini. Dengan siaran radio selama 24 Jam, akses ke catalog musik di iTunes, Apple Music memiliki semua karakteristik dari semua kekuatan klien musik streaming. Berikit ini akan kita belah apa saja yang kekuatan yang dimiliki 2 layanan streaming ini.

Music Library

Salah satu alasan utama Spotify melanjutkan untuk menikmati  dominasi streaming adalah berdasarkan fakta bahwa layanan ini menawarkan pendengar kemampuan untuk streaming 30 juta lagu dari katalognya berdasarkan permintaan dan juga layanan ini telah menambah lebih dari 20.000 lagu dan musik baru setiap harinya,  namun meskipun begitu, ada beberapa catalog lagu yang kosong, seperti catalog lagu dari Taylor Swift yang telah menarik semua katalognya dari layanan itu.

Penawaran Spotify adalah mengenai sekomprehensif mungkin yang didapat. Selebihnya, Spotify membawa semua rekaman rilisan terbaru, live session eksklusif dan beragam single baru langsung dari tab New Release setiap hari Selasa. Layanan ini menyediakan pengguna cara besar untuk mendengarkan yang  terbaru dari bintang-bintang yang sudah mapan dan bintang-bintang pendatang baru.

Apple Music diperkirakan memiliki 37 Juta lagu, 7 juta lebih banyak dibanding Spotify dan di aspek lain, Apple Music memiliki potensi untuk kaki yang kuat dalam kompetisinya, yaitu pada integrasi pengguna untuk iTunes Library. Hal ini berarti pelanggan Apple Music memiliki pilihan untuk dengan bebas mencari kombinasi musik mereka sendiri yang lebih mulus, bersamaan dengan catalog eksklusif dari Apple dan masih banyak kenyamanan lain yang dapat diperoleh.

 

Pencarian Musik

Dengan 30 Juta lagu, sudah jelas Library pada Spotify, pengguna dapat memiliki banyak pilihan namun kelemahannya, pencarian Musik pada Spotify memiliki jumlah pencarian musik yang terbatas via fungsi radionya, namun raja Streaming ini memiliki fitur playlist yang tidak bisa disangkal dengan menyediakanmusik-musik baru.

Spotify juga memungkinkan pelanggan untuk mendapat kesempatan  membuat, mebagikan dan mengikuti playlist dari dan dengan  teman sesame pengguna, dengan hanya klik sederhana, dengan playlist yang terkurasi untuk segala macam mood atau genre yang anda sukai.

Fitur Beats 1 Radio pada Apple Music akan menainkan peran besar pula bagi layanan baru untuk masalah pencarian musik dengan menjanjikan kepada pendengar beberapa nad-nada terbaik dan baru yang ditawarkan dalam industri musik. Apple juga mengintegrasi kontrol perintah suara lewat Siri via iPhone, dengan memungkinkan para pelanggan dapat dengan sederhana bertanya “Musik paling populer no.1 di tahun 2001” dan lain sebagainya.

Biaya

Biaya yang ditawarkan Apple Music berkisar US$10 per bulan dan harga yang sama untuk Spotify Premium. Dan untuk membuat Apple Music ini lebih menarik, layanan ini menawarkan paket keluarga yang dapat dipakai maksimal 6 orang dengan biaya US$15 per bulan.

Fitur Sosial

Dalam Spotify, fungsi sosial media memungkinkan pengguna dapat mengikuti teman sesama pengguna dan berbagi playlist yang dibuat dan aplikasi ini juga memungkinkan kan pengguna untuk terhubung ke akun Facebook mereka dan berbagi aktivitas disana dan untuk Apple Music belum diketahui fungsi fiturnya sosialnya.

Masing-masing memiliki kekuatan yang bisa dibilang sama kuat, industri musik bagaikan roda, siapakah yang akan memenangkan pasar streaming masa depan, tergantung masing-masing layanan dalam memperbarui fitur-fitur layanannya. Let’s see!!

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda