Sabtu, 21 Juli 2018

Music Technology Lifestyle

Seniman Jakarta Rilis Jelaga, Album Ekperimental Berisi Beragam Macam Bebunyian

Penulis :
Senin, 26/03/2018 11.53.55 | Dibaca: 431




Seniman Jakarta Rilis Jelaga, Album Ekperimental Berisi Beragam Macam Bebunyian

Dokumentasi R.I Sihombing


Compusiciannews.com -Artistik- Seniman asal Jakarta, R.I Sihombing merilis album perdana pada 23 Maret 2018 lalu. Album perdana tersebut merupakan kumpulan musik dan bebunyian yang menjadi latar atmosferik pada Jelaga, besutan Teater Pandora

Album Soundtrack teater ini kental dengan nuansa eksperimental. Komposisi didalamnya merupakan perpaduan bebunyian yang bermacam-macamyang bermacam-macam, mulai dari rekaman lapangan yang natural, isian akustik sampai sentuhan modern melalui synthesizer. Hasilnya, atmosfer tribal yang mencekam menjadi sarat dalam ritual pengundang mahkluk astral.

“Saya berusaha membuat komposisi musik dengan instrument digital dan non-digital. Paduan teknologi dalam instrument digital dan non-digital. Paduan teknologi dalam instrument perkusi tradisional dan elektronik adalah benang merah musiknya,” kata R.I Sihombing.

Dalam proses penguasaan instrumental, Mbing, panggilan akrab R.I Sihombing, menggunakan instrument akustik bersama dengan beberapa instrument perkusi elektronik. Interpretasi gerak, atmosfir dan tempat adalah unsur utama dalam proses artistik dalam menyusun musik.

“Saya terinspirasi oleh beberapa musik gypsy yang sarat akan pesan menyalahkan suatu komunitas,” imbuh Mbing.

Seperti diketahui, Original Soundrack  Jelaga dapat dikatakan sebagai album musikal yang ditampilkan pada Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada awal 2018 oleh Teater Pandora.

Jelaga adalah adaptasi dari manuskrip asli Arthur MIller yang berjudul The Crucible (1953). Dalam sejarahnya The Crucible adalah naskah sandiwara yang menceritakan tentang perburuan penyihir di Salem, Massachusetts sekitar tahun 1600an.

Jelaga dapat dinikmati secara serentak melalui kanal musik seperti Spotify, iTunes, Deezer dan lain sebagainya pada 23 Maret 2018.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda