Minggu, 26 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Sekilas Tentang Lithium Baterei

Penulis :
Sabtu, 26/04/2014 01.24.00 | Dibaca: 1677




Sekilas Tentang Lithium Baterei

aliexpress.com


CompusicianNews.com - Gadget - MP3 player akan tidak berguna sama sekali jika tidak ada daya yang menyokong, jadi alaminya, ini adalah bagian atau aspek yang penting untuk sebuah MP3 player. Terdapat hal yang membingungkan berkenaan baik dalam proses charging batere, menghemat kapasitasnya dan memaksimalkan play-time per charge atau tiap pengisian ulang daya. Berikut ini panduannya:

Pengisian Ulang Daya: Rumor dan Miskonsepsi

99% semua rumor dan miskonsepsi mengenal hal tentang batere untuk peralatan elektronik selalu berhubungan dengan proses charging atau pengisingan ulang. Banyak ‘aturan’ mengenai bagaimana mengisi ulang batere yang masih ada saat ini sejak ‘jaman dulu’ dimana alat elektronik yang digunakan memiliki  jenis batere yang berbeda dari batere alat elektronik sekarang. Banyak MP3 player yang modern saat ini berbasis Lithium di dalamnya.

Banyak beranggapan bahwa saat mengisi ulang pertama kali perlu waktu selama 12 jam dan harus didiamkan dan kemuadian hentikan pengisian ulang saat batere sudah penuh serta charge kembali sampai penuh sesering mungkin dan lain-lain. Hal ini sama sekali tidak masuk akal pada batere berbasis lithium karena untuk batere berbasis lithium saat ini memiliki aturan sendiri.

Lithium tidak menerapkan berapa lama anda harus mengisi ulang. Sepanjang malam, setiap 5 menit, 10 menit sehari, silahkan. Tidak ada aturan dasar yang diperlukan yang berarti saat pertama kali anda charge batere anda tidak ada bedanya dengan anda charge atau mengisi ulang batere yang sudah anda charge 100 kali. Anda tidak perlu mengisi ulang untuk selama jumlah waktu yang ditentukan karena batere ini dengan sendirinya akan berhenti mengisi ulang jika sudah ‘fully charge’.

Menggunkana batere hingga habis sepenuhnya sangat tidak baik bagi batere itu sendiri. Beberapa kasus tidak ada hal buruk terjadi, tapi jika dilakukan berulang-ulang, batere sendiri akan kehilangan kemampuan untuk mengisi ulang.

Batere lithium mengisi ulang 70% dari kapsitas dalam 1/3 jumlah waktu pengisian, jika mengisi ulang dari batere yang sudah benar-benar habis keadaannya. Hanya ada satu cara untuk mengisi ulang batere yaitu dengan cepat isi ulang kembali saat daya batere sudah hampir habis. Beberapa charger batere melewati 30% terakhir untuk memunculkan kemampuannya dalam mengisi ulang dengan cepat tapi bukan itu yang menjadi masalahnya.

Sony adalah perusahaan yang mengiklankan kecepatan pengisian ulang atau fast-charging pada Walkman Player dimana 3 menit proses pengisian ulang, pengguna dapat menikmati lagu selama 90 menit. Ini bukan teknologi Sony, ini merupakan bagaian dari cara kerja batrey lithium. Jika dihitung secara matematika 1 jam pengisian ulang membirikan anda 28 jam ketahanan batrey berjalan dan pengisian ulang selama 3 menit adalah 1/20 jam dan 1/20 jam dari 28 jam adalah 90 menit.

Ada cara teknis untuk memastikan batere bertahan untuk waktu yang lebih lama, bagaimanapun garis dasarnya adalah bahwa kelebihan dari trik ini tidak menggunakan alur cukup hindari suhu ekstrim baik panas maupun dingin da nisi ulang saat anda perlu mengisi ulang.

Ada juga beberapa hal yang harus dipikirkan, tapi tidak begitu penting untuk pengguna rata-rata. Jika anda ingin mengetahui informasi batere, anda bisa melihatnya di batteryuniversity.com dan pastikan anda melihat dan membandingkan jenis-jenis batere karena didalamnya terdapat pula batere lithium yang spesifik dan menarik.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda