Senin, 15 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Sekilas Tentang Alat Musik Cajon

Penulis :
Minggu, 21/02/2016 09.00.00 | Dibaca: 5293




Sekilas Tentang Alat Musik Cajon

http://playcajon.org/


Compusiciannews.com -Instrumen - Apakah Anda sering menonton pertunjukan musik akustik? Pasti Anda pernah melihat sebuah alat musik yang diduduki seperti kursi dan ditepuk-tepuk. Alat music tersebut adalah cajón (dibaca kahon).

Cajon merupakan alat musik perkusi berbentuk kotak bersisi enam yang dimainkan dengan menepuk sisi-sisinya dengan tangan, jari, atau berbagai alat lain seperti stik atau sikat yang berfungsi sebagai pengganti drum . Cajón umumnya dibuat dari kayu lapis dengan ketebalan antara 1,3 hingga 1,9 cm pada lima sisinya dan papan yang lebih tipis pada sisi keenam yang berfungsi sebagai bidang utama untuk ditepuk atau dipukul untuk menghasilkan bunyi.

Banyak yang menyebut cajon sebagai drum duduk atau drum akustik karena alat music ini sering digunakan pada pertunjukan music akustik. Sejarah cajon sendiri dimulai dari budak afrika yang dibawa ke Spanyol pada abad ke-18. Para budak Afrika ini dilarang untuk memainkan alat musik tradisional mereka, sehingga mereka mulai menyamarkan alat musik ini kedalam bentuk kotak dan digunakan sebagai tempat duduk. Sekitar tahun 1850, alat ini berada pada titik puncak popularitasnya. Di Indonesia, alat musik cajon “booming” dipergunakan sekitar tahun 2010. Saat ini alat musik cajon sering kita jumpai di kafe, mal dan beberapa tayangan musik di televisi. 

Cajon banyak didatangkan dari negara asalnya dan Spanyol. Bentuknya  mirip seperti box speaker, kotak kayu enam sisi bagian depan sebagi penghasil bunyi yang di dalamnya diberi snare gitar bass untuk menghasilkan bunyi mirip hithat. Cara bermain cajon cukup mudah, seorang pemain duduk diatas cajon dan memukul-mukulkan telapak tangannya dengan beberapa teknik dari situlah dapat dihasilkan seperti bunyi drum seperti suara snare, bass drum, rimclik dan suara hihat.

Ada beberapa warna bunyi dasar yang dihasilkan oleh instrument cajon dengan beberapa teknik pukulan yaitu tone, bas, tap dan slap. Bahan cajon yang baik biasanya terbuat dari kayu maple. Pembuatan cajon sendiri cukup mudah dan murah. Total biaya yang Anda butuhkan untuk membuat cajon berkisar antara 100 - 200 ribu rupiah. Sedangkan jika Anda membelinya di toko peralatan musik Anda harus merogoh kocek sekitar 400 ribu sampai jutaan rupiah. Jadi, apakah Anda tertarik mempelajari alat music ini?

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda