Rabu, 12 Desember 2018

Music Technology Lifestyle

Sayuran Jadi Alat Musik? Vegetable Orchestra Asal Wina Jagonya!

Penulis :
Selasa, 01/09/2015 09.00.00 | Dibaca: 3136




Sayuran Jadi Alat Musik? Vegetable Orchestra Asal Wina Jagonya!

weirdestbandintheworld.com


Compusiciannews.com - Artistik - Siapa bilang musik atau bunyi-bunyian hanya bisa dihasilkan dari alat musik yang itu-itu saja? Sekelompok musisi yang tergabung dalam Vegetable Orchestra asal Wina berhasil mencetak sejarah lewat musik yang mereka ciptakan.

Berbeda dengan orkestra pada umumnya, Vegetable Orchestra menggunakan sayur-sayuran yang lazim di temui di supermarket untuk menghasilkan musik. Dibentuk pada tahun 1998, kelompok ini terdiri dari 10 musisi. Selain itu, kelompok ini pun memiliki seorang juru masak dan teknisi suara.

Uniknya, musisi yang tergabung dalam Vegetable Orchestra masing-masing berasal dari berbagai ranah seni. Mulai dari pematung, penulis puisi, new media artist, desainer, hingga arsitek pun dapat ditemui di sini. Hal ini tentu saja menjadikan kreativitas Vegetable Orchestra semakin beragam.

Menurut mereka, musik yang diusung Vegetable Orchestra terinpirasi dari konsep pergerakan Fluxus hingga konsep komposisi musik John Cage di era 70-an. Beberapa kritikus musik dan media menyebutkan bahwa Vegetables Orchestra memiliki banyak unsur, mulai dari sound art, experimental, dan electronic music.

Vegetable Orchestra pun ternyata menciptakan instrumen-instrumen musik mereka sendiri. Mulai dari terumpet dari wortel, gitar dari mentimun, hingga drum dari labu. Bahkan, musik yang mereka ciptakan sudah direkam dalam 3 album.

Album pertama dirilis pada tahun 1999 dengan judul Gemise. Sementara, album keduanya yang rilis di tahun 2003 diberi judul Automate dan album ketiga berjudul Onionoise di tahun 2010. Berbekal keunikan dan orijinalitas yang diusung, Vegetable Orchestra bahkan sudah tampil di berbagai negara di benua Asia dan Eropa.

Penasaran bagaimana sayur-sayuran bisa dijadikan instrumen musik? Simak penampilan Vegetable Orchestra di video berikut ini!

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda