Selasa, 23 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Radial Firefly Tube Direct Box –Serious Valve DI Box-

Penulis :
Minggu, 09/11/2014 07.55.05 | Dibaca: 1552




Radial Firefly Tube Direct Box –Serious Valve DI Box-

gizmag.com


CompusicianNews.com –Hardware- Radial Engineering adalah tool yang dipakai untuk professional stage dan rekaman dan alat-alat ini meliputi: preamps, signal spitter, EQ, DI box dan banyak lagi. Dan yang akan dibahas disini adalah Valve DI yang memiliki 2 saluran yang akan berfungsi pada semua instrumen berdawai yang akan disambungkan.

Merupakan desain yang bagus karena terdapat Sweeping handle double yang berfungsi sebagai internal 12AX7. Pembungkus logamnya membentang diantara tombol dan switch untuk proteksi atau pengaturan rack mounting. Kenyataannya, sangat jarang menemukan sesuatu yang praktis dan estetis yang biasa dipakai, baik di panggung ataupun di studio seperti Valve DI Box ini.

Bagian ujung depan menurut Radial, 100 persen nol feedback negatif A, sedangkan outputnya akan diatur oleh 12AX7 dan trafo. Valve atau katupnya bergerak pada tegangan 48 volt sampai 300 dari tegangan katup unit tinggi. Dengan egangan rendah ini, efek loop, fase reversal, tunner out dan ground lift dapat terdukung dengan praktis.

Penggunaannya

Dengan adanya dua Switchable independent input berarti kita bisa menukar 2 instrumen yang terpisah dengan cepat tanpa harus disesuaikan ulang. Penggunaannya untuk gitar elektrik tidak sesegera mungkin nyata tapi seperti halnya dengan bass elektrik, gitar elektrik DI merupakan tool yang memiliki input impedance yang optimal sebagaimana pada level yang tinggi. Drag control pada perangkat ini menawarkan range atau jarak antara 22k sampai 500k yang merupakan range yang optimal untuk magnetic pickup 'normal'

Dalam pengujiannya, gitar dan bass dengan pickup yang lemah terbantu saat berhubungan langsung dengan Drag control. Beberpa kendala 'buatan' perlahan lahan akan terreduksi dengan permainan perasaan. Drag control memiliki efek yang dapat diabaikan dengan instrumen preamp aktif lainnya.

Dalam hal sound pada umumnya, Radial mengakui bahwa DI box ini memiliki direct boxes yang lebih 'murni' dan banyak yang menyetujuinya. Realitanya, produk firefly ini sangat menghangatkan yang bukan merupakan hal buruk untuk gitar dan bass.

Ini bukan merupakan sesuatu yang mengunggul-unggulkan DI box dan menggeser keberadaan EQ tapi lebih kepada kehangatan yang 'nyata' dan kedalaman yang halus yang dapat dibuktikan pada volume yang tinggi dan hasilnya sudah pasti terdengar jelas di hasil rekaman DI akustik dan bass.

Jika perangkat ini dipakai untuk acara live, perlu memperhatikan beberapa level seperti buffer, jack impedansi supaya amplifiernya bisa tetap terjaga, yang berarti kita bisa gunakan DI melalui firefly dan juga disambungkan ke amplifier seperti pada umumnya.

Firefly merupakan pemecah masalah; sebuah tool dengan set intention yang sangat spesifik. Tak ada seorangpun yang secara realistis membeli perangkat ini hanya untuk gitar elektrik saja, tentunya masih banyak hal lain yang bisa dihasilkan dari sebuah perangkat seharga sekitar Rp. 9000000,-00 ini dalam hal membuat sebuah suara yang lebih baik dalam rekaman.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda