Senin, 22 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Proses Routing DAW – Part 1

Penulis :
Sabtu, 09/08/2014 07.00.12 | Dibaca: 3835




Proses Routing DAW – Part 1

compusiciannews


CompusicianNews.com -DAW- Paling sering kita jumpai dan hampir selalu ada dalam komputer kita . Sehingga audio atau midi interface dengan koneksi USB menjadi pilihan yang menarik untuk musisi dan Producer.  Sekarang ini ada dua jenis koneksi USB,  yaitu :

  1. USB 1.1 : Adalah pilihan yang tepat untuk bekerja dengan 2 chanel dalam satu waktu yang bersamaan dan membuat track dengan kualitas CD.
  2. USB 2.0 : Memiliki kecepatan tranfer data yang jauh lebih besar di banding dengan USB 1.1, ini dibutuhkan ketika kita ingin merekam audio dalam sampel rate lebih besar dan chanel yang banyak dalam satu waktu. Untuk menggunakan interface dengan kecepatan USB 2.0 yang kita butuhkan adalah komputer yang mensuport USB 2.0

 

 

 

 

 

 

Langkah-langkahnya adalah :

1. Tipe A di hubungkan pada komputer atau laptop

 

 

 

 

 

 

2. Tipe B di hubungkan pada keyboard kontroler atau soundcard/audio midi interface. (protools

     mic studio)

 

 

 

 

 

Nb.  Gunakan setiap kali lubang USB pada tempat yang sama dengan alat yang sama

 

c.Speaker monitor

Speaker monitor atau dalam proses perekaman adalah Output termasuk bagian yang sangat penting dalam studio recording karena kita harus tahu dan memastikan apa yang kita rekam dan mixing sudah benar-benar terdengar bagus. Speaker monitor adalah sebuah alat yang memungkinkan kita untuk mendengar apa yang akan kita rekam dan hasil musik yang sudah kita kerjakan, baik dalam proses perekaman awal, mixing, sampai mastering.

 

 

 

 

 

 

 

d.Headphone

Adalah sebuah komponen audio yang berfungsi sama dengan speaker monitor bisa juga sebagai pengganti jika kita tidak memakai speaker monitor, fungsinya yaitu Output untuk mendengarkan suara atau musik hasil dari sebuah rekaman. Sekali lagi belilah sesuai keperluan dan kemampuan anda dalam pembelian headphone. Dengan membeli sepasang headphone yang mempunyai kelas standard professional akan lebih bagus, walaupun pekerjaan anda hanya semi professional.

contoh - contoh produk headphone :

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda