Sabtu, 25 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Platform Streaming Bantu Tingkatkan Penjualan Tiket Konser

Penulis :
Senin, 27/07/2015 15.50.37 | Dibaca: 1407




Platform Streaming Bantu Tingkatkan Penjualan Tiket Konser

digitaltrends.com


Compusiciannews.com -Industri- Layanan streaming mungkin terkenal kurang baik mengenai pembayaran royalti kepada pemengang hak cipta lagu, namun setikdaknya mereka membantu memperkenalkan dan mempromosikan karya musik ke kebanyakan orang.  Menurut studi baru yang dipimpin oleh Eventbrite, yang ikut bersaing, sementara layanan streaming memiliki dampak negatif pada penjualan CD dan digital, namun layanan streaming ini membantu meningkatkan rata-rata  biaya pengeluaran konser dengan jumlah yang begitu besar.

Menurut studi, sebagaimana layanan streaming seperti Spotify dan Pandora telah berkembang biak, rata-rata biaya pengeluaran pada CD dan unduh digital turun dari US$ 35 per orang di tahun 2008 menjadi US$ 18 di tahun 2014. Selama periode waktu yang sama itu, bagaimanapun, biaya pengeluaran rata-rata pada live music tumbuh dari US$ 29 ke US$ 48 per orang. Dan untuk pengguna musik streaming yang menghadiri live show, studi mengklaim bahwa separu dari tiket konser yang mereka beli kebanyakan mereka temukan di platform streaming.

Dengan menghubungkan ke perusahaan penelitian indie MusicWatch, Eventbrite telah menemukan bahwa pecinta konser pada dasarnya menggunakan dua cara, baik itu melalui medium ‘tradisional’( media informasi seperti TV dan radio serta mulut ke mulut), dan platform streaming untuk pencarian musik. Dari Survey yang diambil dari 1000 orang diantara 18 dan 49 tahun yang menghadiri konser setidaknya sekali pada tahun lalu, 42% berkata mereka menggunakan  Pandora, Spotify dan YouTube untuk mencari artis favorit baru. Dan tidak begitu mengejutkannya, platform tradisional tetap menjadi yang favorit dengan perolehan 68% dari responden yang disurvey.

Eventbrite juga berargumen secara logika bahwa fans yang menghadiri acara lebih berharga bagi para artis. Pecinta konser menghabiskan secara signifikan lebih pada musik (termasuk tiket) dan merchandise dibanding yang bukan pecinta konser, perbadingannya antara US$276 dibanding US$15. “Pecinta konser menghabiskan 4 kali lebih banyak pada CD dan unduh, 10 kali lebih banyak pada merchandise dan hampir 2 kali lipat seperti mebayar subskripsi musik,” menurut Eventbrite.

Jika popularitas layanan streaming berlanjut bertumbuh, penerimaan live show untuk industri musik bisa diperbesar, menurut survey Pollstar. Layak dicatat, meskipun layanan streaming hanya 1 kontributor dalam peningkatan kehadiran Live Music. Sebuah studi juga mencatat bahwa kombinasi media informasi dari radio, platform streaming, sosial media dan live performance “menciptakan viral yang berulang-ulang yang meningkatkan penjualan tiket konser.”

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda