Jumat, 19 Oktober 2018

Music Technology Lifestyle

Ping Pong FM, Berikan Sentuhan Musikal Pada Permainan Tenis Meja

Penulis :
Sabtu, 22/10/2016 11.13.17 | Dibaca: 928




Ping Pong FM, Berikan Sentuhan Musikal Pada Permainan Tenis Meja

digitaltrends.com


Compusiciannews.com -Artistik- Ping pong atau tenis meja telah diasosiasikan dengan proek komputer yang keren sejak 1972 saat Atari meluncurkan Pong, salah satu games video arcade paling awal dan sport sim pertama di dunia.

Desainer asal Seattle, Amerika Serikat Mark Wheeler dan beberapa koleganya telah membuat Ping Pong FM, sebuah permainan ping pong berbasis Arduino yang dipasang di separuh lapangan antara tenis meja dan franchise Guitar Hero.

“Ini pada dasarnya adalah pengambilan musikal pada tenis meja,” begitu kata Wheeler kepada media Digital Trends yang dikutip oleh Compusiciannews.com. “Anda memulai dengan memilih lagu dan kemudian sebagaimana Anda memulai bermain ping pong, musik akan  bermain seiring dengan permainan Ping Pong Anda. Kecepatan dan lambatnya musik akan bergantung pada permainan Anda, saat Anda memukul bola dengan keras, musik yang mengalir juga akan keras dan begitupun sebaliknya namun saat bola jatuh di lantai, musiknya akan berhenti dan Anda harus mengulang dari awal.”

Wheeler berkata ide ini bermula dari sebuah eksperimen. “Kami menghabiskan seharian di kantor-kantor yang memiliki meja ping-pong,” lanjutnya. “Anda tahu ungkapan bahwa ide itu ada didepan Anda? Well, ide itu benar-benar ada didepan kami. Sangat menyenangkan untuk memikirkan bagaimana kita menggunakan sesuatu yang biasa dilakukan seseorang dan menaruh semacam putaran unik.”

“Tantangan utamanya adalah melacak bola ping-pong dan menjalankan programnya saat seseorang memukul bola,” begitu kata Wheeler. “Kami memikirkan mengenai sistem lacak secara inisial. Itu memungkinkan namun sangat kompleks hingga akhirnya ide kami menggunakan suara dari pukulan bola ping-pong. Ping pong sendiri memiliki suara yang beda, jadi kami memutuskan untuk membuat mikrofon ke masing-masing kayuhan untuk melacak pegerakan. Audio ini kemudian diproses menggunakan Arduino, sementara aplikasi yang berjalan di Mac menggunakan openFramework yang menjalankan musik dan visual.”

Sayangnya, Ping Pong FM ini belum tersedia, sang desainer hendak melakukan riset untuk beberapa pihak yang tertarik. “Saya bisa membayangkan bahwa karya ini bisa dipakai dalam sebuah konferensi dan event-event akbar, lihat saja nanti.” Pungkas Wheeler.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda