Rabu, 20 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Pengenalan Software Vocaloid (Part 1)

Penulis :
Sabtu, 19/04/2014 00.07.01 | Dibaca: 5839




Pengenalan Software Vocaloid (Part 1)

Pribadi


CompusicianNews.com - DAW - Vocaloid merupakan salah satu software suara digital yang mampu menghasilkan suara layaknya manusia. Software ini dikembangkan oleh Yamaha Coporation dengan dukungan perusahaan lain seperti Zero-G dan Crypton Future Media. Vocaloid  bekerja dengan menggabungkan MIDI pada Vocaloid Editor serta Singer Library, kemudian dikeluarkan dalam bentuk suara melalui Synthesis Engine.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenalkan tools-tools yang terdapat pada Vocaloid 3.

Layout Vocaloid Editor
* Layout Vocaloid Editor

Tidak seperti pendahulunya, pada Vocaloid 3 kita sudah dapat memasukan file wav yang akan menjadi iringan music karakter Vocaloid kita. Sehingga software Vocaloid ini sduah dapat berdiri sendiri tanpa harus melakukan rewire ke DAW lain.

1. Standart Tools

Standart Tools
* Standart Tools

Seperti pada aplikasi Windows pada umumnya, didalam software Vocaloid teradapa perintah dasar seperti open, save, dan lain sebagainya. Tools ini pada kenyataannya kurang bermanfaat karena hamper semua tools yang penting sudah terwakili di Toolbar atau opsi “klik kanan”.

2. Toolbar

Toolbar dibagi menjadi 3 bagian utama dan dapat dimuncukan atau dihilangkan melalui menu View -> Toolbar.

+ Measure

Measure Tools
 

* Measure Tools

Measure digunakan untuk menentukan berapa kerapatan/jumlah melodi tiap segmen. Untuk bagian Length dan Quantized digunakan unutk menentukan nilai not dominan yang akan diproses. Untuk mengerjakan lagu dengan kerapatan melodi ekstra, kita dapat meningkatakan ketukan per menit (tempo / BPM). Bagian yang harus dicermati adalah tombol START dan END untuk menentukan awal dan akhir lagu. Apabila tidak digunakan, posisi START adalah segmen -3 atau dimulai dari 3 bar sebelum bar utama, dan END-nya adalh nada terakhir. START dan END tools sangat berguna untuk menentukan bagian yang perlu dimainkan apabila kita membuat lagu yang panjang.

+ Edit

Edit Tools

 

 

*Edit Tools

Edit Toolbar memiliki fungsi dasar pengeditan. Apabila aktif, toolbar akan berubah menjadi warna hijau.

Arrow             Berfungsi untuk memilih bagian tertentu.

Pen                 Untuk menggambar nada, atau mengedit voice parameter.

Line                Sama seperti pen, tetapi menghasilkan sebuah garis lurus.

Eraser            Menghapus nada maupun voice parameternya sekaligus.

+ Transport

Transport Tools

 

 

*Transport Tools

Toolbar yang berfungsi sebagai alat playback atau memainkan hasil kerja kita. Tombol seperti Play, Stop, Rewind juga terdapat pada toolbar transport ini. disamping itu terdapat jendela informasi yang menampilkan tempo dan birama yang sedang dimaninkan.

+ Track Editor

Track Editor

 

 

* Track Editor

Perbedaan yang menonjol antara Vocaloid 2 dan 3 terletak pada fitur Track Editor. Pada Track editor disini kita dapat memasukkan file wav yang akan menjadi music pengiring dari karakter vocal kita. Dan juga, untuk penggunaan lebih dari 1 karakter vocal menjadi lebih mudah dengan adanya fitur track ini. Secara keseluruhan fungsinya mirip dengan audio track DAW pada umumnya.

+ Musical Editor

Musical Editor

 

* Musical Editor

Disinilah tempat melodi, nada, dan lirik dibuat. Bentuknya seperti timeline. Dibagian atas terdapat “segmen” yang membagi beberapa ketukan menjadi satu bagian sesuai dengan settingan kita. Contoh diatas birama yang digunakan adalah 4/4. Karenanya setiap 4 ketukan dikelompokkan menjadi 1 segmen. Mensetting ketukan dapat dilakukan dengan menggunakan tools ‘pen’ dan diklik pada garis tempo atau beat yang beerada dibawah segment line.

Dibagian kiri terdapat tuts piano untuk memandu kita menentukan nada. Tutus ini bisa dimainkan dengan mengkliknya agak lama. Untuk menggesernya bisa menggunakan slider yang ada disebelah kanan. Pada bagian bawah terdapat slider timeline dan tools “zoom”.

Melihat user interface seperti ini, mungkin kita berpikir bahwa kita dapat menyusun rangkaian MIDI-nya menggunakan MIDI Controller. Sayangnya hal ini belum dapat dilakukan. Kita harus melakukannya secara manual atau kita dapat menuliskan score MIDI-nya menggunakan software score editor (mis. Sibelius).

+ Voice Parameter

Voice Parameter

 

 

 

 

 

 

 

 

*Voice Parameter

Pada bagian ini kita dapat mengedit berbagai macam variasi suara. Beberapa parameter yang disediakan Vocaloid antara lain :

a. VEL (Velocity)
Mengatur panjang konsonan

b. DYN (Dynamics)
Mengatur Volume

c. BRE (Breathiness)
Mengatur beban napas. Dengan mengeset ke 0, maka suara akan terdengar jelas. JIka kita set ke 100, maka akan mengakibatkan suara seperti orang bernyanyi sambil bernapas

d. BRI (Brightness)
Mengatur kejelasan suara, efek kejelasan akan berpengaruh langsung ke volume.

e. CLE (Clearness)
Mempertajam suara

f. OPE (Opening)
Mengatur besar kecilnya mulut yang dibuka saat mengeluarkan suara. Singkatnya, pengesetan ke 0 akan menghasilkan suara dimana bentuk mulut tertutup.

g. GEN (Gender Factor)
Mengubah karakter vocal penyanyi. Semakin ke bawah, suara akan semakin chipmunk. Semakin keatas, suara akan terdengar lebih berat seperti suara pria.

h. POR (Portamento Timing)
Mengatur titik awal portamento, kadang disebut juga sebagai glissando.

i. PIT (Pitch Bend)
Mengatur pitch. Jadi kita dapat mengatur tinggi rendah nada. Bisa juga untuk membuat vibrato secara manual.

j. PBS (Pitch Bend Sensitivity)
Mengatur lebarnya pitch bend. Dengan memperbesar, parameter pitch bend akan jadi lebih sensitive dan rangenya semakin besar.

3. Voice, Track, dan Render Tools

Dalam Vocaloid, kita dapat menginstall lebih dari 1 penyanyi. Penyanyi default dapat dipili di Settings -> Preference -> Other. Untuk kasus lagu dengan lebih dari 1 penyanyi, maka kita harus membuat track baru (klik kanan trackbar -> add track) lalu memilih penyanyi yang diinginkan. Multitrack juga dapat digunakan untuk membuat harmoni suara.

4. Singer Editor

Terlepas dari Vocaloid Editor, Vocaloid memiliki bagian yang berhubungan langusng dengan voicebank yaitu Singer Editro. Anda dapat melihat Singer Editor anda di Settings -> Singer Properties.

Pada Singer Editor, anda dapat merubah beberapa voice parameter dan meng-copy voicebank sesuai parameter yang anda suka.

Singer Editor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


* Singer Editor

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda