Kamis, 23 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Pengenal Program Reason & Pengaturan Audio

Penulis :
Rabu, 27/08/2014 12.00.33 | Dibaca: 4303




Pengenal Program Reason & Pengaturan Audio

http://www.dancetech.com/aa_dt_new/hardware/IMAGES/propellorheads_reason_5.jpg


CompusicianNews.com -DAW- Reason adalah sofware musik dengan konsep virtual studio yaitu terdiri dari realtime sequencer dan sound module yang lengkap seperti synthesizer, sampler, drum machine, drum loop player, mixer, efek, pattern sequencer dll. Reason adalah software buatan perusahaan Propellerhead dari Swedia dan telah menjadi standar dunia untuk membuat musik spt techno, disco, new age, industrial, jungle, garage dll. Walaupun demikian jenis musik yang dihasilkan tidak terbatas jenis-jenis di atas, Anda dapat menghasilkan jenis musik apapun seperti pop, rock, jazz bahkan dangdut. Yang membatasi adalah kreativitas Anda sendiri.

Konsep Reason agak berbeda dengan software-software lain seperti Cakewalk Sonar atau Cubase atau Fruityloops. Ini menyebabkan Anda yang tidak biasa dengan konsep virtual studio akan bingung menggunakan Reason. Tutorial ini ditujukan untuk pemula yang ingin menguasai software Propellerheads Reason secara umum. Setelah mengerti dasarnya, diharapkan Anda dapat mempelajari lebih lanjut tanpa masalah atau Anda dapat mengikuti training yang diadakan oleh MusikTek.com (Info dibagian COURSES situs ini). Apabila Anda tidak mempunyai software Reason, silakan download versi demonya di http://www.propellerheads.se untuk mengikuti tutorial ini.

gbr. 1 reason window

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 1 Reason Window  

 

2. Setting Audio dan Midi Reason

Setelah menginstal Reason, biasanya tidak otomatis ada bunyi yang keluar apabila Anda memainkan lagu demo Reason. Anda harus mengeset seting audio dan MIDI dengan mengklik menu Edit > Preferences. Masuklah ke ‘Page’ Audio dan pilihlah driver soundcard Anda (lihat Gambar 2). Apabila ada pilihan driver ASIO sebaiknya Anda memilih driver ini karena performance yang bagus dan latency yang kecil. Apabila tidak ada, Anda dapat memilih driver DX atau MME walaupun ini tidak semaksimal driver ASIO.

gbr. 2 setting audio window

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr.2 Setting Audio Reason

gbr. 3 keyboard and control surface

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 3 Keyboards and Control Surface

Kemudian pada ‘Page’ MIDI (gambar 4) pilihlah MIDI interface apa yang akan Anda pakai apabila Anda ingin menginput data lagu menggunakan keyboard and control surfaces sbb :

gbr. 4 setting midi reason

 

 

 

 

 

 

 

Gbr 4 Seting MIDI Reason

Tidak seperti Sonar atau Cubase, MIDI channel pada Reason hanya diperlukan 1 MIDI channel dan biasanya di set pada MIDI channel 1 disesuaikan dengan seting output keyboard MIDI Anda. Sebelum Anda menutup window preferences ini, masuklah ke ‘Page’ General (Gambar 5) dan pilih ‘Empty Rack’ pada bagian ‘Default Song’. Ini menyebabkan Reason akan menampilkan file baru tanpa instrumen apapun pada saat Anda mengklik menu File > New untuk memudahkan Anda bekerja membuat lagu baru.

gbr. 5 setting general reason

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 5 Setting General Reason

 

Bukalah lagu demo Reason melalui menu File > Open dan pilihlah salah satu lagu demo yang ada di folder ‘Program Files/Propellerheads/Reason/Demo Song’. Apabila lagu tsb berbunyi pada saat tombol Play ditekan (Gambar 6) berarti seting Anda telah benar.

 gbr. 6 tombol play

 

Gbr. 6 Tombol Play pada transport bar Reason

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda