Rabu, 20 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Pelatihan Musik Dapat Mempertajam Kemampuan Otak

Penulis :
Minggu, 13/12/2015 09.00.00 | Dibaca: 2036




Pelatihan Musik Dapat Mempertajam Kemampuan Otak

billboard


Compusiciannews.com -Sains- Peneliti di Northwestern University, Illinois percaya bahwa pelatihan musik pada siswa memainkan peran dalam prestasi pendidikan pada seseorang

Studi selama 2 tahun dari 44 anak-anak dalam program yang diberi nama Harmony Project ini menujukan bahwa pelatihan ini menjadikan para pemuda yang kebanyakan berasal dari lingkungan keras itu lebih mudah memahami dan memproses suara, menurut laporan yang ditulis dalam Journal of Neuroscience. Dan dalam hal peningkatan kemampuan, peneliti berkata pelatihan ini secara langsung meningkatkan kemampuan atau keahlian membaca dan berbicara seseorang.

Namun untuk lebih dapat mengembangkan kemampuan, seseorang setidaknya harus belajar instrumen musiknya langsung selain hanya mendengar dan memproses suara lewat iPod atau gadget-gadget lain.

Nina Kraus, peneliti dan pemimpin studi dari fakultas Neuroscience di Northwestern University, membandingkannya lewat pengujian olah fisik. “Saya ingin katakan pada banyak orang bahwa mereka tidak akan sehat jika hanya nonton pertunjukan olahraga, begitu juga dalam studi musik ini,” dia berkata.

Kraus berkata studi-studinya cukup menantang karena peneliti harus mengikuti subjeknya atau orang yang bersangkutan selama bertahun-tahun dengan tujuan untuk melacak perubahan yang terjadi dalam otak. Dia berkata studi yang lebih besar perlu dilakukan di berbagai wilayah di Amerika untuk “membantu kita mengerti bentuk yang paling efektif dari pembelajaran dan bagaimana sebuah pembelajaran dapat dibuat untuk seorang anak.

April Benasich, seorang professor neurosains di Rutgers University yang tidak terlibat dalam studi Kraus, berkata penelitian sebelumnya telah menunjukan nilai musik itu meningkatkan konsentrasi, memori dan fokus pada anak-anak.

Benasich, yang meneliti perkembangan otak dini berkata penemuan studi ini merupakan ‘game-changer’ baik untuk domain ilmiah maupun kebijakan umum dalam era saat kegiatan pengayaan secara agresif dihapus dari sekolah dan diganti dengan program musik.

Para peneliti mempelajari beberapa siswa selama 2 tahun dengan menggunakan Scalp-Electrode untuk memonitor perubahan pada otak mereka selama mengikuti program Harmony Project ini dan hasilnyanya tidak ada perubahan selama 1 tahun tapi setelah 2 tahun baru ada perubahan.

Salah satu orang tua murid berkata bahwa melalui program Harmony Project ini, anaknya yang baru berumur 11 tahun mengalami kemajuan dalam prestasi akademiknya, khususnya kemampuannya pada pelajaran Matematika.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda