Jumat, 19 Oktober 2018

Music Technology Lifestyle

Pedro Reyes, Bikin Senjata Jadi Alat Musik

Penulis :
Jumat, 04/04/2014 00.00.00 | Dibaca: 1917




Pedro Reyes, Bikin Senjata Jadi Alat Musik


 

Compusiciannews.com – Artistik - Para seniman memang memiliki insting di luar nalar ketika menyalurkan aspirasi seninya. Salah satunya ialah Pedro Reyes. Musisi satu ini memiliki ide untuk mengubah benda yang dianggap berbahaya menjadi instrument musik.

Reyes tertantang untuk membuat alat musik dari senjata. Dia percaya bahwa seni harus mencakup salah satunya isu sosial, meskipun ini bukanlah hal yang mudah dan cenderung kontroversial. Dia juga mengalamatkan isu tentang kekerasan penggunaan sejata kepada hal yang lain.

Pada tahun 2007 dia mulai menciptakan karya pertamanya yaitu dengan mengumpulkan senjata yang dibawa masyarakat dan mengubahnya menjadi sekop. Kurang lebih terdapat 1527 senjata yang dicairkan dan dibuat menjadi sekop. Sekop-sekop tersebut digunakan untuk menanam pohon.  

Namun, kemudian Reyes membuat proyek baru dengan merubah senjata menjadi alat musik. Pameran pertamanya diadakan di Museum Seni Kontemporer Unversitas Florida Selatan. Pameran itu disebut “Disarm” dan memamerkan beragam alat musik karya Pedro Reyes yang terbuat dari senjata. 

Para musisi dan teknisi membantunya untuk membuat senjata menjadi alat musik. Reyes sangat tertarik dengan konsep dan tampilannya. Saat membuatnya ia berkata bahwa dia memulainya dengan me-layout bagian senjata kemudian membayangkannya. 

Salah satunya ialah mariamba yang seluruhnya terbuat dari laras senapan. Mariamba ini memiliki nada yang berbeda-beda, anda dapat mengetahui mana nada A, B, C, dan lainnya berdasarkan panjang pendeknya lengan laras. Beberapa tahun lalu Reyes diberi senjata oleh pemerintah sejumlah 6.700 senapan. Kemudian, reyes mengubah senapan-senapan tersebut menjadi gitar listrik, biola, sulit dan alat perkusi lainnya.  

Mahasiswa memainkan instrument tersebut pada saat konser. Caleb Murray mahasiswa pasca sarjana di program studi komposisi jazz memiliki beberapa instrument ciptaan Reyes salah satunya saksofon tenor. Ia berkata bahwa alat tersebut suaranya mirip clarinet, tapi itu adalah saksofon yang terbuat dari laras senapan.   

Instrumen-instrumen musik tersebut hanyalah generasi pertama karya Reyes. Saat ini dia sedang serius menggarap alat musik yang lebih modern lagi yang bisa diprogram melalui komputer. Dia berharap masih bisa menciptakan banyak karya lagi karena masih banyak sekali senjata yang bisa dibuah menjadi alat musik. 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda