Selasa, 21 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Pandora dan Sirius XM Setuju Membayar Royalti ke Pihak Label untuk Musik Pra 1972

Penulis :
Kamis, 15/10/2015 16.46.28 | Dibaca: 1361




Pandora dan Sirius XM Setuju Membayar Royalti ke Pihak Label untuk Musik Pra 1972

billboard


Compusiciannews.com -Industri- Pandora sedang dalam persetujuan dalam membayar label besar untuk musik yang dirilis sebelum tahun 1972 namun bukan royalti yang dibayarkan, menurut laporan dari New York Post. Di Amerika Serikat, tidak ada hak paten penampilan dan tidak ada catatan royalti penampilan saat lagu-lagu pra 1972 dimainkan di radio dan bioskop, toko-toko, restoran, hotel dan bar. Namun saat format radio digital muncul, label rekaman menuntut hak penampilan bagi mereka yang menyiarkannya.

Bagaimanapun, Sirius XM dan Pandora telah mengambil posisi bahwa sejak hukum hak cipta  belum dibuat hingga tahun 1972, lagu-lagu yang berada di era sebelum tahun tersebut tidak menerima royalti. Label rekaman dan artis bagaimanapun berseteru bahwa master-master pra 1972 berhak diberi royalti karena hukun masing-masing state mengenai hak cipta. The Turtle, yang memiliki master mereka  adalah yang pertama menuntut SiriusXM dan Pandora atas pembayaran royalti dengan mengutip hukum yang berlaku di California dan New York.

Namun dikabarkan oleh media setempat bahwa dua platform ini telah setuju untuk membayar royalti kepada pihak label. SiriusXM setuju dengan membayar US$ 210 juta sedangkan Pandora setuju dengan pembayaran sebesar US$90 juta. Pihak Pandora saat ditanyai komentar, mereka hanya berkata “Kami tidak berkomentar pada rumor dan spekulasi yang muncul.”

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda