Jumat, 19 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Music Notation Software

Penulis :
Kamis, 07/05/2015 09.00.00 | Dibaca: 2668




Music Notation Software

tomrudolph.berkleemusicblogs.co


Compusiciannews.com -Pendidikan- Music Notation Software atau perangkat untuk membuat notasi lagu dan musik merupakan bagian dari perkembangan musik teknologi saat ini dimana para musisi sekarang dipermudah dalam membuat karya-karya musik dan  lagu. Melaui perangkat ini, para musisi akan terbantu dengan pembuatan notasi balok yang nantinya notasi balok ini akan secara otomatis tercetak.

Berikut ini adalah daftar ulasan produk-produk Music Notation Software;

  1. Sibelius

Sibelius merupakan penguasa pasar untuk perangkat ini, perangkat ini digunakan untuk menulis, mengajar dan menghasilkan karya musik. Sibelius lebih mengkususkan menjadi perangkat yang kreatif, inovatif, dan berkualitas tinggi yang dapat digunakan dengan mudah. Produk dalam hal komposisi, coursework, testing, referensi, playback, publishing, penulisan dan e-commerce, Sibelius mencakup semuannya itu.

Sibelius memiliki ratusan ribuan pengguna di 100 negara termasuk musisi-musisi terkenal, sekolah, universitas, para guru, professional dan orang awam.

Berbasis di London dengan bantuan subsidi dari California dan Australia dan memiliki lebih dari 80 pegawai diseluruh dunia.

Pada tahun 2006, Sibelius di akuisisi oleh Avid Technology, Inc.

Generasi terbaru dari perangkat notasi musik terlaris didunia ini, Avid Sibelius 7 telah cukup secara teknologi memenuhi permintaan komposer, arranger, dan publisher papan atas tapi juga masih dalam jangkauan sederhana jika dipakai oleh para pemula dan pelajar. Bekerja secara cepat dengan interface yang baru dan berorientasi tugas.

Kita dapat memperoleh hasil dalam kejelasan yang luar biasa dengan dukungan sound library yang professional dan eksklusif. Dapat mengkolaborasi lebih mudah berkat MusicXML Interchange Support dan opsi share yang lain. Dengan kemajuan ini, Sibelius 7 adalah perangkat yang tercepat dan termudah dalam menulis musik.

 

  1. Encore

Encore merupakan perangkat notasi musik professional yang standar . Kapabilitas editing dan transcribing nya yang luar biasa membantu para musisi di semua level untuk memperoleh ide-ide mereka dalam menghasilkan cetakan notasi. Cepat, akurat dan mudah penggunaannya, Encore memungkinkan anda untuk menghasilkan printout yang indah pada scoring anda dengan menggunakan 64 bait yang terpisah.

Walaupun anda memainkan Encore secara langsung pada MIDI files, anda akan tetap memperoleh notasi yang akurat dan printout yang indah sepanjang waktunya. Anda dapat mengekstraksi beberapa bagian, mengubah urutan pada instrument yang berbeda dan memutar musik anda yang baru saja anda buat.

Encore secara grafik menampilkan dan memutar kembali tanda-tanda dinamis, mengulang bagian akhir yang beragam dan MIDI controller.

Encore score dapat diatur tune-nya dengan gerakan sederhana pada mouse. Palettes yang ada dilayar memungkinkan anda untuk memasukan lusinan tanda dan symbol. Lirik dan teks dengan mudah ditambahkan. Fitur-fitur yang luar biasa seperti page layout control, TrueType dan PostScript Support, polyphonic part voicing dan Editable Expression Palettes menyediakan kapabilitas set yang tiada akhir untuk menyajikan karya musik anda pada kertas. Secara instan menyalin karya musik anda pada gitar tablature dengan penjarian yang benar dan gitar fret diagram.

Saat anda menyisihkan pensil dan kertas dan memulai menciptakan dan mengaransemen musik anda dengan Encore, anda menerima level profesionalisme dan produktivitas yang baru.

Encore telah menjadi pilihan para musisi dalam hal perangkat notasi karena memungkinkan anda menciptakan dan menerbitkan apapun yang kaitannya dengan karya musik dari yang sederhana sampai yang simpfonik dalam waktu yang singkat dengan control yang lebih banyak.

Poin dasar yang perlu dipahami
1. Membuka – menutup program/software encore.
2. Membuka file baru, menyimpan, membuka file lama.
3. Praktek menulis, ditentukan lagunya diberi teks, kemudian diterangkan alurnya. Diantaranya:

  • Membuat single staff.
  • Menulis judul lagu, komposer, arransemen dll. 
  • Menentukan tanda mula.
  • Menentukan tanda birama.
  • Cara menulis notasi dalam encore.
  • Menambah mengurangi birama.
  • Kasus-kasus lain sesuai kebutuhan waktu menuliskan lagu.
  1. Mencetak dokumen.

 

  1. Finale PrintMusic

PrintMusic adalah salah salah satu software notasi musik yang yang dapat menyalin musik yang dimainkan oleh instrument melalui mikrofon dengan MicNotator yang eksklusif. Bagaimanapun instrument harus memainkan hanya dengan nada tunggal di waktu yang bersamaan, tidak ada kord, dan anda harus dapat memaintain nada yang layak saat anda memainkannya. Ini merupakan konsep yang menarik sampai anda dapat memainkan alat musik anda secara sempurna, anda akan menghabiskan beberapa waktu dalam proses edit notasi yang dibuat dengan MicNotator.

 

  1. Play Music

Play Music merupakan salah satu perangkat notasi musik yang menawarkan sejumlah fitur-fitur yang mudah digunakan dalam membantu penotasian musik. Programnya menyertakan semua tool-tool dan palette standar yang akan anda harapkan bisa ditemukan dalam program komposisi musik terbaik di pangsa pasar saat ini. Kelemahan utamanya adalah kurangnnya fungsi ‘help’. Tutorialnya tidak jelas dan saat anda memilih beberapa opsi dari menu, tidak ada ‘help’ yang tersedia.

Meskipun tutorial menawarkan anda sedikit bantuan, perangkatnya sangat mudah digunakan dan dibayangkan penggunaannya. Jika anda memiliki pengalaman pribadi dengan perangkat notasi musik lain yang lebih rumit, anda akan dengan mudah mengerti cara penggunaannya dalam waktu yang singkat. Meskipun jika ini program notasi pertama yang anda pernah gunakan, anda akan dengan mudah membayangkan bagaimana memasukan nada-nada dengan mouse.

Aplikasinya memiliki layout yang indah dan tool serta palette yang mudah ditemukan dan dikerjakan. Perangkatnya menyertakan lebih dari 30 template untuk membantu anda dengan cepat membuat komposisi baru anda. Setelah anda membuat score, anda dapat menyimpannya sebagai template untuk digunakan di lain waktu untuk menciptakan lagu dan style musik yang mirip.

Play Music memiliki fitur yang ekstensif dan dapat mencatat baik itu tablature gitar maupun perkusi. Perangkat ini menawarkan durasi waktu yang pendek untuk 128 nada yang dapat dibandingkan dengan beberapa program-program lain yang berkelas tinggi.

PlayMusic dapat mengimpor MIDI files. Semua file termasuk MIDI file perlu dikonversi kedalam format Play Music sebelum anda mengeditnya. Setelah anda mengedit file ke format yang anda inginkan, anda dapat mengirimnya sebagai MIDI file. Mengkonversi MIDI file ke format Play Music dan kemudian mengkonversi lagi ke format MIDI setelah selesai menggarapnya sepertinya merupakan langkah extra yang tidak penting. Perangkat lain yang diuji tidak memerlukan anda untuk mengkonversi MIDI file ke format yang lain sebelum anda menggarapnya.

Mudah untuk memasukan nada pada program dan meskipun tool editingnya kurang tapi mampu berfungsi dengan baik. Pilihan pada palette membuat perubahan dan tool edit yang berbeda membuat program ini menjadi nyaman dipakai

 

  1. Quick Score

QuickScore Elite adalah perangkat yang lebih dari sekedar perangkat notasi. Program yang mudah digunakan ini merupakan seperangkat software studio rekaman yang amat lengkap yang juga memungkinkan anda untuk membuat karya musik dengan kualitas professional. Software atau perangkat ini mengakomodasi musisi baru dan professional. Perangkat ini menggunakan sistem window yang berisi semua tool yang anda butuhkan untuk menyalurkan kreativitas kedalam karya musik yang brilian.

Setelah beberapa pengulasan tutorial dan percobaan dengan perangkat ini, disimpulkan bahwa perangkat ini cukup nyaman untuk menciptakan beberapa jingle. Dalam waktu yang singkat, anda juga dapat menciptakan karya musik. Sejumlah palette, termasuk toolbar palette, tipe objek palette dan tool editing yang terbaik, membuat penciptaan musik lebih dapat diatur dan memungkinkan anda untuk memvisualisasikan apa yang anda sedang kerjakan.

Score Editor Window yang utama menampilkan masing-masing track lagu sebagai sebuah single musical staff.  Anda juga dapat menggunakan fitur Split Track untuk membagi staff track menjadi dua bagian laras musik, yang akan sangat membantu dalam menotasi treble dan kunci laras musik dari sebua track piano. Anda dapat memasukan notes secara langsung pada Score Editor menggunakan mouse anda, keyboard computer atau piano virtual.

Selain pada Score Editor, perangkat ini menyertakan host dari opsi editing yang lain yang akan memberikan anda kendali penuh pada MIDI dan Digital Audio anda. Sebagai contoh, Mixer akan memungkinkan anda untuk mengatur level volume pada masing-masing track dan Audio Editor memungkinkan anda untuk bekerja dengan MP3 dan WAV anda yang terekam. Perangkat ini juga akan memungkinkan anda menotasi tablature gitar symbol kord gitar dan intrumen perkusi

Memasukan note-note dengan mouse ringan. Sederhananya memilih durasi note dan klik pensil editing pada kerangka kerja yang layak, atau menggunakan virtual piano untuk klik pada nada yang ingin anda tambahkan pada kerangka kerja. Sayangnya, ada sedikit fungsi perintah pada keyboard komputer yang mendukung pemrosesan.

Perangkat musik notasi ini menerima MIDI file yang standard dan dapat mengimport musik dengan format MusicXML files jadi anda dapat bekerja dengan score yang telah dibuat dengan seperangkat software lain. QuickScore elite mampu untuk menyimpan dan merekam file musik anda dalam beragam format, termasuk WAV dan MP3. Anda juga dapat menyimpan score dalam format BMP graphic dan kemudian mengimport score-score itu kedalam grafik yang popular dan word processor seperti Ms. Word dan Corel Draw untuk menambah grafik dan tambahan lain di score akhir anda.

Program ini dapat merekam apa yang anda putar di real time tapi nada-nadanya tidak dapat muncul sampai proses rekaman selesai. Program ini tidak secepat dan semudah perangkat lain yang dapat merekam dan menotasi di real time.

Fitur-fitur editing pada perangkat ini sangat bagus, dengan ikon Erase atau buang yang membuat proses penghapusan individu berjalan alami dan cepat. Palette membuat proses mengganti nada sangat mudah. Menu edit memiliki lebih dari 50 pilihan edit yang memungkinkan anda untuk menyesuaikan tune anda sesuai yang anda mau.

Program ini menyertakan fitur rekaman Punch yang memungkinkan anda untuk mengganti beberapa nada atau seluruh kerangka saat anda sedang memroses rekaman di  real time. Punch recording juga bekerja dengan audio recording.

 

  1. Notation Composer

Notation Composer memudahkan untuk mengubah berbagai MIDI file kedalam lembar musik dan mengaransemen sesuai yang anda mau. Mungkin anda ingin membuat aransemen khusus untuk kelompok anda atau mungkin anda ingin mengubah beberapa nada. Software ini mencakup semuanya itu.

Melaui perangkat ini anda bisa focus pada pembuatan karya musik yang besar melaui lembar kerja yang ada di perangkat ini. Merekam nada hanya dengan memainkan instrument MIDI atau memasukan nada-nada dengan mouse anda atau bahkan anda dapat menyalin dan menempelkan (Copy-Paste) notasi lagu lain.

Perangkat ini mengintegrasi tool-tool editing yang memberikan anda control yang lengkap pada suara di masing-masing note dengan menarik effek dengan mouse anda. Merupakan cara yang visual untuk mengerjakan dengan sheet music yang dirasa dapat membuat pemrosesan musik lebih baik dari yang pernah ada.

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda