Jumat, 19 Oktober 2018

Music Technology Lifestyle

Mocca Mencoba Berexperimen Dengan Metode Rekaman 3D Sound Binaural

Penulis :
Selasa, 26/04/2016 14.05.38 | Dibaca: 1162




Mocca Mencoba Berexperimen Dengan Metode Rekaman 3D Sound Binaural

roi-radio.com


Compusiciannews.com -Artistik- Band Mocca beberapa waktu lalu sedang berexperimen dengan sebuah metode rekaman. Metode rekaman ini bernama 3D Sound Binaural. Beberapa pekan lalu, Mocca merilis lagu “Me & My Boyfriend” yang direkam secara live dengan menggunakan metode ini.

Band yang dihuni oleh vokalis Arina Ephipania, gitaris Riko Prayitno, drummer Indra Massad, dan bassist Toma Pratama, berexperimen dengan metode rekaman 3D Sound Binaural memiliki maksud untuk bisa membuat karya yang unik dan bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para pendengarnya.

“Sebenarnya ini ide awalnya dari Toma. Metode 3D Sound Binaural ini ibaratnya ketika kita menonton orkestra dan tanpa tambahan microphone, indera pendengar lo dengan orang lain itu menangkapnya berbeda. Suara cello, bass, dan lainnya terbagi sedemikian rupa. Kami dalam proses rekaman juga hanya menggunakan dua microphone saja,” ungkap Riko.

Lagu “Me & My Boyfriend” yang digubah dengan metode rekaman 3D Sound Binaural akan menjadi trigger sebelum Mocca menggubah lagu-lagu lain. Kedepan, kabarnya Mocca akan merekam ulang beberapa lagu mereka secara outdoor dengan metode 3D Sound Binaural ini. Pihak management Mocca juga sempat terpikir untuk merilis album akustik yang materi-materinya direkam dengan 3D Sound Binaural. Selain itu, Mocca kabarnya juga akan merilis hasil eksperimen metode 3D Sound Binaural dalam bentuk audio visual.

Kemudian 3D Sound Binaural itu metode yang seperti apa sih? Jadi Binaural itu diibaratkan "Panggung 3D Sound", bila kita mendengarkannya, kita itu seolah-olah sedang berada atau melakukan tindakan yang ada di dalam suara tersebut. 

Rekaman Binaural menggunakan 2 cahnnel seperti channel stereo, tetapi channel tersebut tidak melalui proses mixing. Suara yang ditangkap oleh mic sebelah kanan terekam dan akan kita dengar nanti seakan kita mendengar hanya dari sebelah kanan, begitu juga sebaliknya. Sayangnya Binaural sound lebih effektif bila mendengarnya menggunakan Headphone ataupun Earphone.
 
Jadi pada dasarnya Binaural adalah ketika dua suara yang mempunyai frekuensi berdekatan diperdengarkan atau distimulasikan ke telinga kanan dan kiri dengan headphone, earphone atau speaker stereo.

Untuk mendengar bagaimana hasil experimen dari Mocca dalam lagu “Me & My Boyfriend”, kalian bisa mendengarnya melalui video dibawah.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda