Jumat, 19 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Minimoog Voyager, Model Baru Analog Synthesizer Dari Minimoog

Penulis :
Selasa, 13/05/2014 02.58.50 | Dibaca: 1636




Minimoog Voyager, Model Baru Analog Synthesizer Dari Minimoog

SoundOnSound.com


 

CompusicianNews.com –Perangkat- Minimoog Voyager atau Voyager adalah synthesizer analog monoponik yang dirancang oleh Robert Moog dan dirilis di tahun 2002 oleh Moog Music. Voyager telah dimodel setelah Minimoog Synthesizer klasik yang popular di tahun 1970.

Voyager telah dirancang untuk emiliki kapabilitas memory bank yang menyimpan 128 preset, touch pad modulation control, Low Frequency Oscillator (LFO), 2 Modulasi Bus 2 ADSR Envelope untuk kontrol filter, dan 14 Volatage Control Input serta MIDI In[ut/Output.

Seperti Minimoog, Voyager menawarkan 3 oskilator. Namun, Osc 1 dari Voyager juga menawarkan 1 audio oktaf dibanding seri Minimoog lainnya. Jika Minimoog lain telah menyediakan 6 pilihan waveform, Voyager menyediakan sweep yang berkelanjutan dari triangle ke sawtooth hingga square dan akhirnya sampai pada pulse waveform.

Hal ini sama dengan oscillator dari Minimoog yang telah menyapu dari sawtooth hingga pulse namun dalam jangkauan gelombang yang lebih luas. Anda tidak boleh meremehkan hal ini karena hal ini menjadikannya mungkin untuk menerapkan apa yang kita sebut sebagai pulse-modulation ke berbagai waveform yang tersedia.

Oscillator 2 dan oscillator 3 adalah sama tapi beda pada add fine tuning control-nya dengan range kira-kira+/- 7 semitones, ini  merupakan persamaan pada Minimoog layout.

Dibawah 8 knob oscillator, anda akan menemukan 4 switch, yaitu: 3 Kb Cont yang memisahkan VCO 3 dari Keyboard CV

2 switch lain adalah ‘1-2 Sync’, yang mensinkronkan VCO1 (master) ke VCO 2 (Slave). Dan switch yang ke-4 adalah ‘3-1FM’ yang memodulasi VCO1 (Carrier) menggunakan VCO 3 sebagai modulator. Karena oscillator sangat stabil dan dapat melacak secara identic, anda dapat menciptakan timbre FM yang menarik dan memainkannya di semua seri keyboard yang memiliki analog synth. Sayangnya, anda tidak dapat mengubah amplitude modulator sehingga Voyager menghasilkan jumlah sidebar yang signifikan.

Sync dan FM sama-sama bukan eksklusif, sehingga anda dapat menggunkaannya secara simultan untuk menghasilkan range suara yang besar dan hal ini yang tidak ditemui di semua seri Minimoog yang non-analog synth. Sayangnya, oscillator memiliki batasan dimana anda hanya dapat menggunakan pulse-width modulate pada 3 oscillator secara simultan.

Sejumlah classic synth menggabungkan gelombang sawtooth dengan pulse wave dan yang mengejutkan untuk Voyager tidak dapat melakukan hal ini. Voyager juga kurang untuk  A440 Tuning Oscillator dari Minimoog  namun ini hanya sebagian kecil dari masalah kelemehan dari Voyager.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda