Senin, 22 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Mi.Mu: Membuat Lagu Dengan Gerak Tangan

Penulis :
Sabtu, 05/04/2014 22.57.30 | Dibaca: 1565




Mi.Mu: Membuat Lagu Dengan Gerak Tangan

Kickstarter.com


CompusicianNews.com –Artistik- Kebanyakan musisi komputer lelah berada didepan layar komputer, keyboard, fader, knob dan tombol untuk membuat musik. Tim kickstarter mencoba mencari cara yang terbaik yang lebih cocok bagi para professional dibanding menggunakan instrumen tradisional, dengan menggunakan ketangkasan dan mobilitas tubuh manusia.

Bayangkan, contohnya, selain mengatur fader dengan tujuan membawa masuk kedalam suara atau menambah reverb, anda dapat mengangkat lengan anda untuk memperoleh efek yang sama. Atau menggerakan suara disekitar ruangan, anda dapat dengan sederhana menunjuk posisi yang anda inginkan. Tidak hanya lebih intiutif, hal ini juga lebih dapat dinikmati untuk dilihat, membuatnya lebih mudah bagi penonton untuk terhubung dengan apa yang anda lakukan. Tujuannya adalah memecah penghalang antara para musisi dan mesin, serta diantara performer dan penonton.

Sarung tangan yang disebut sebagai Mi.Mu menangkap semua gerakan dan postur tangan anda. Perangkat lunak didalamnya memungkinkan informasi yang ditangkap, dipetakan kedalam pesan kontrol musikal yang kemudian dapat di-routekan dengan mudah ke perangkat software musik favorit anda.

Secara spesifik, sarung tangan ini melacak hal-hal seperti berikut:

  • Orientasi tangan anda
  • Fleks jari anda
  • Postur tangan anda saat ini (contoh: genggaman, tangan terbuka, satu telunjuk jari)
  • Arahan (atas, bawah, kiri, kanan, mundur) tangan anda
  • Pegerakan tajam, seperti pukulan drum.

Informasi ini ditransmisikan secara nirkabel, ke komputer anda dengan  WiFI (via x-OSC board pada pergelangan tangan)

Dengan tujuan mengubah informasi kedalam musik, kickstarter telah mengembangkan perangkat lunak atau software yang memungkinkan anda untuk ‘memetakan’ data sarung tangan ke sinyal kontrol musik (contoh: MIDI dan OSC). Perangkat lunak ini juga memungkinkan anda untuk menggabungkan sarung tangan input untuk membuat kontrol yang kompleks. Contohnya, perangkat lunak ini akan memungkinkan anda untuk memprogram :

“Jika saya menggerakan genggaman tangan dengan tangan kanan saya dan menunjuk kebawah dengan tangan kiri saya, petakan ‘ perputaran’ pergelangan tangan kiri ke MIDI control yang mengubah pesan 0 pada saluran 2”.

Pemetaan-pemetaan ini kemudian dapat digunakan untuk megendalikan software pihak ketiga seperti Ableton Live, Pro Tools, Logic Pro, atau Max/MSP serta plugin, seperti KOntakt dan Omnisphere.

Anda juga dapat membuat pemetaan pararel dengan mengubah antara set pemetaan dan mengisi serta menyimpan projek anda untuk anda bagikan dan kembangkan dari waktu ke waktu.

 

Kickstarter.com

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda