Rabu, 20 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Mengenal Tentang Roland GR500

Penulis :
Selasa, 29/04/2014 01.15.11 | Dibaca: 1842




Mengenal Tentang Roland GR500

soundonsound.com


 

CompusicianNews.com –Perangkat- Usaha awal Roland pada gitar synth adalah GR500 setup, yang muncul pada tahun 1977. Gitar controller ini terdiri dari kabel 24-way dan unit synthesizer G(GR500).

Gitar ini dibuat untuk Roland oleh Ibanez dan dulu berbasis pada bentuk Gibson Les Paul tapi dengan tambahan kontrol dan pickup yang berbeda. Hal ini memungkinkan unit synthesizer memproses masing-masing sinyal string dalam isolasi sehingga masing-masing frekuensi dapat diputuskan dan digunakan untuk mendorong masing-masing bagian dalam unit synth.

Unit synthesizer ini dibagi kedalam 5 bagian. Bagian gitar mengontrol output dari pickup normal yang muncul melalui sebuah sirkuit nada aktif/EQ. Bagian Plyensemble menghasilkan bentuk gelombang dan sebuah EQ, yang hasil langsung diambil dari pickup yang terbagi.

Terdapat juga envelope dengan Attack, Decay dan Kontrol Penyangga yang mengontrol VCA. Kontrol Penyangga sebenarnya menghasilkan penyangga buatan menggunakan sistem pintar yang bekerja dengan cara memberikan backup sinyal yang terbagi ke dawai-dawai. Dibawah dawai, dimana leher pickup normalnya berada, merupakan sebuah magnet yang akan mendorong dan menarik dawai dengan memberikan anda feedback loop yang dapat dikendalikan dan yang menjaga getaran dawai.

Bagian Bass membagi frekuensi dawai individu menjadi dua, menurunkan oktaf pitch dengan oktaf dan kontrol nada static dan menyimpan kontrol yang tersedia. Anda dapat memilih bagian ini yang dihasilkan oleh  dawai itu atau bisa dengan 2-3 dawai.

‘Voicing’ memberikan pilihan 2 gelombang yang digambarkan sebagai ‘soft’ dan ‘hard’, ditambah percussion slider yang menambah suara ‘petik’ hingga memulai notasi dalam tatanan organ elektronik. Hasil  dari bagian Bass ini terdengar seperti pedal bass dari organ dan dapat dengan mudah menggetarkan jendela.

Bagian Solo Melody lebih seperti monosynth konvensional, dilengkapi dengan VCO, (resonant) VCF, VCA dan LFO. VCO merupakan monoponik dengan prioritas notasi terakhir, tapi Polyensemble dapat di-route kan ke VCF bersamaan dengan VCO. Versi paling awal dari GR500 menggunakan frekuensi yang diambil dari dawai untuk menentukan pitch, diikuti dengan sirkuit waveshipping untuk menghasilkan gelombang sawtooth dan pulse.

Hal ini berarti bagian Synth dapat di-detune-kan supaya dapat meberikan suara yang tebal. Dan terakhir terdapat synth eksternal yang memungkinkan anda untuk mengontrol 1 V/oktaf analog monolog monosynth dimana volume dari synth eksternal itu dapat dikontrol dari gitar.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda