Sabtu, 23 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Mengenal Sekolah Tinggi Seni, Musik, dan Film di Jerman

Penulis :
Rabu, 02/09/2015 09.00.00 | Dibaca: 6388




Mengenal Sekolah Tinggi Seni, Musik, dan Film di Jerman

dw.com


Compusiciannews.com - Pendidikan - Untuk bisa berkarir di bidang seni, khususnya musik dan film, tentu harus terlebih dahulu membuktikan bakat dan menempuh pendidikan di bangku kuliah.

Di Jerman misalnya, sekolah tinggi seni menyiapkan para mahasiswanya untuk menekuni profesi di bidang kesenian seperti musik dan film. Meski tidak memberikan jaminan pekerjaan, sekolah-sekolah ini terbukti memiliki banyak peminat.

Setiap siswa yang ingin mendaftar harus terlebih dahulu lulus ujian masuk. Masing-masing calon siswa diwajibkan menyerahkan map berisi karya-karya sendiri yang nantinya akan diseleksi. Jika beruntung dan lolos, siswa baru bisa mengikuti tahap seleksi yang berikutnya.

Sistem yang diberlakukan di Jerman mungkin sedikit berbeda dengan di Indonesia. Setiap siswa yang akan mendaftar tidak diharuskan memiliki ijazah tanda kelulusan di sekolah menengah. Persyaratan utamanya lebih pada jumlah karya yang sudah dibuat sendiri dan yang pernah dipublikasikan.

Setiap sekolah tinggi seni yang ada di Jerman biasanya memiliki beberapa jurusan. Misalnya saja jurusan seni lukis, grafis, desain, seni pahat, dan ilmu pendidikan guru seni rupa. Selain itu ada pula jurusan arsitektur, tata panggung, keramik, lukisan kaca, restorasi dan seni media yang tersedia meski tidak di semua sekolah tinggi seni.

Beberapa sekolah tinggi seni di Jerman juga mengkhususkan diri pada salah satu studi seni rupa khusus. Misalnya Sekolah Tinggi Grafis dan Seni Buku di Leipzig yang sejak tahun 1983 menjadi sekolah pertama yang berkonsentrasi pada bidang fotografi. Sementara Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Burg Giebichenstein di Halle sengaja menitiberatkan pada studi desain industri serta desain tata ruang dan lingkungan.

Hal yang hampir sama juga berlaku di sekolah tinggi musik. Pendidikan penguasaan alat musik, seni suara, seni komposisi dan dirigen adalah beberapa jurusan yang tersedia. Selain itu, beberapa sekolah tinggi musik juga menawarkan jurusan seni musik gereja, jazz, sutradara musik teater, seni tari, jurusan pendidikan musik dan guru musik.

Tidak mudah untuk bisa diterima di sekolah-sekolah tinggi ini. Ujian bakat harus dilewati dengan tes tertulis dan lisan. Pendengaran musikalitas, pemahaman irama, nada dan birama, serta kemahiran memainkan alat musik dan seni suara juga akan diujikan. Namun jika jurusan lain hanya cukup melewati ujian bakat, khusus untuk jurusan pendidikan guru musik harus memiliki ijazah sekolah menengah atas atau yang setara.

Bagi siswa yang berminat untuk menekuni profesi sebagai sutradara, juru kamera, penulis skenario, serta profesi lain yang berhubungan dengan produksi film dan acara televisi, dapat memilih sekolah tinggi untuk media modern. Sekolah Tinggi untuk Televisi dan Film di Munchen dan Potsdam-Babelsberg misalnya, sangat cocok dipilih karena fokus pada pendidikan lewat praktek langsung.

Untuk jurusan media audiovisual satu-satunya ada di Sekolah Tinggi Seni Rupa di Koln. Sekolah ini fokus untuk melahirkan siswa-siswa yang berkualitas sehingga bisa berkiprah di industri media internasional. 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda