Senin, 15 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Mengenal Program Message

Penulis :
Minggu, 15/03/2015 09.00.00 | Dibaca: 2309




Mengenal Program Message

compusiciannews.com


Compusiciannews.com -Software- Artikel ini merupakan artikel ke-4 merupakan sambungan dari artikel sebelumnya yang membahas mengenai dasar MIDI. Introduksi Dasar MIDI , Mengenal MIDI Message, dan mengenal Mengenal Note Message.

Mengenal Program Change Message

Program Change Message disingkat “PC” atau Patch Change Messages meupakan sebuah pesan data yang memungkinkan kita untuk merubah timbre atau warna suara pada sebuah saluran/channel synthesizer secara langsung. Pesan Nada / Note Message dikirim kesebuah synthesizer yang kemudian dimainkan pada timbre tertentu yang telah dipilih oleh user melalui pesan program change. Proses dan pesan program change sangat membantu sekali terutama ketika kita menggunkan perangkat lunak komputer untuk mengendalikan sebuah multitimbral synthesizer, dikarenakan kita bisa mengganti timbre pada tiap-tiap 16 kanal/channel synthesizer tersebut langsung melalui komputer.

Sebuah keyboard synthesizer atau Modul MIDI telah diprogram sebelumnya oleh pabrik yang mengeluarkan produk tersebut. Umumnya pengaturan program tersebut berada atau diatur sebagai “Factory Preset” dan beberapa synthesizer mempunyai fasilitas untuk menyimpan pengaturan kedalam program preset yang telah kita susun sendiri. Setiap pengaturan program disimpan kedalam memory synthesizer tersebut dan diberikan penomoran program atau “Program Number” yang disertai sebuah nama. Misyalnya angka “0” untuk Acoustic Grand Piano atau “001”dengan nama “Funky Piano”.

Umumnya dalam synthesizer program change terbagi kedalam beberapa “banks” . contohnya ketika kita memilih ‘bank 02” maka isinya program “001” yaitu “funky Piano”. Kita dapat memilih timbre pada sebuah program dengan memilih nomor angka dari 0-127 dari jumlah total 128 model program. Pada era awal MIDI pemilihan sebuah program hanya dibatasi sampai dengan 128 sehingga pada saat itu memiliki kelemahan yaitu 1) kita tidak mungkin memilih dan menggunkan modul dengan jumlah program change lebih dari 128 atau bahkan ribuan. 2)Program number hanya menyediakan angka saja kita bingung program yang dipilih berisikan timbre atau intrumen apa saja yang tersedia dan hanya angka sajalah yang ditampilkan. Untungnya segera dikembangkan sistem multiport antar muka/ interface MIDI dengan menambahkan dua fungsi pengendalian Pesan Control Change (akan dibahas selanjutnya) ke sebuah bank change message.

 

 

Gambar 1 Program Change Pada General MIDI (GM)

Gambar 1: Program Change Pada General MIDI (GM)

 

 

 

 

 

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda