Senin, 22 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Mengenal Note Messages MIDI

Penulis :
Rabu, 25/02/2015 08.00.00 | Dibaca: 2258




Mengenal Note Messages MIDI

compusiciannews.com


Compusiciannews.com -Hardware- Artikel ini merupakan artikel ke-3 merupakan sambungan dari artikel sebelumnya yang membahas mengenai dasar MIDI. Introduksi Dasar MIDI dan Mengenal MIDI Messages/Pesan MIDI

NOTE MESSAGE / PESAN NADA

NOTE MESSAGE merupakan data yang dikirim ketika kita menekan tuts /papan keyboard atau dari perangkat lunak MIDI. Informasi dari data NOTE MESSAGE berisikan nilai parameter nada, velocity, dan saluran/ channel. Ketika kita menekan tuts keyboard secara otomatis kita akan mengirim data informasi yang berisi nada dan seberapa keras tuts tersebut ditekan, ini berhubungan dengan dinamik/volume atau velocitiy sebuah nada. MIDI bekerja dengan sistem angka tidak bekerja dengan sistem huruf seperti yang kita kenal dalam penyebutan sebuah nada atau laras, misyalnya C-D-E-F-G….dan seterusnya dalam midi menggunakan angka dari 0-127.

Tuts atau Key MIDI yang kita tekan diwakilkan dengan angka. Jangkauan rentang angka tut/key MIDI seperti yang telah disebutkan diatas adalah dari 0 – 127 dimana angka 60 mewakili C tengah atau middle C . Sistem penomeran MIDI berasal dari sistem binari atau berbasis 2. Wilayah angka MIDI merupakan pangkat dua. Contohnya MIDI 16 channel seperti yang kita kenal adalah sama dengan 2 pangkat (2^4=2x2x2x2=16) terdapat 128 jumlah tuts nomor (0 sampai 127) dimana (2^7=2x2x2x2x2x2x2 = 128).

Setiap jarak setengah tiap nada ditambah 1. Misalnya C = 60 berarti C# = 61 sedangkan D = 62 dan seterusnya. Setiap oktaf mempunyai rentang 12 artitinya jika C4=60 berarti C5 satu oktaf lebih tinggi berarti C5=72. Dan satu oktaf dibawah C4 adalah C3 = 48. MIDI MESSAGE berisikan angka. Tetapi umumnya dalam sebuah program MIDI sequencing, seringkali angka tersebut diwakilkan dengan nama nada dan registernya. Contohnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya C tengah ditulis C3 daripada C4 lihat Gambar A.

A)

MIDI tradional umumnya memiliki 61 nada daripada 88 nada. Melabeli C tengah sebagai C3 menjadikan nada C terendah dalam jumlah 61 nada. Lihat Gambar B Posisi nada terendah yang memunkinkan adalah number key 0, adalah C2 dan nada teritinggi yang memungkinkan yaitu 127 adalah G8.

B)

 

 

VELOCITY/DINAMIK

Nilai Velocity yang dihasilkan bersamaan dengan nada atau note message menghasilkan sebuah informasi yang berisikan seberapa cepat tuts atau keyboard ditekan atau dilepaskan. Dalam piano velocity ini diterjemahkan dalam bentuk dinamik atu volume yang menyangkut keras dan lembutnya suara yang dihasilkan. Tingkat volume atau dinamik ini dipetakan menjadi angka antara 0 -127 lihat Gambar C.

c)

Gambar C yang menunjukan kurang lebih tingkat dinamik kedalam angka 0 sampai 127, dimana angka 0 berarti mati tidak ada bunyi sama sekali sedangkan 1 berarti sangat sangat lembut sekali . dan untuk dinamik sedang kurang lebih pada tingkat angka 64 diantara mezzo piano mp agak lembut dan mezzo forte (mf) sedang dan terakhir dinamik yang paling keras di tingkat angka 127 yaitu Fortissisimo (ff) yang yang mengindikasikan tingkatan dinamik yang paling keras dihasilkan. Misyalnya seseorang menekan nada C tengah dengan dinamik sedang pada keyboard maka NOTE MESSAGE akan berisikan [60, 67,1] dimana 60 = nada, 67 = velocity dan 1 = channel/saluran yang digunakan. Data yang dihasilkan dalam sebuah NOTEMESSAGE berari berisikan nada, dinamik, saluran atau [ note, velocity, dan channel]. Masih ada data midi lainnya yang tidak berhubungan dengan NOTE MESSAGE yaitu durasi dan timbre yang akan dituliskan pada artikel berikutnya.




 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda