Selasa, 21 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Mengenal MIDI Messages/Pesan MIDI

Penulis :
Senin, 23/02/2015 14.00.00 | Dibaca: 2609




 Mengenal MIDI Messages/Pesan MIDI

compusiciannews.com


Compusiciannews.com -Hardware- Tulisan lanjutan dari Tulisan Sebelumnya "pengenalan MIDI" Midi Message sederhananya adalah sebuah informasi data yang disimpan atau data dimainkan kembali oleh perangkat MIDI sequencer. Terdapat dua jenis dasar model pesan MIDI yaitu channel MIDI dan system MIDI. Kanal MIDI atau Channel message umumnya sering digunakan untuk mengirim nada, timbre, dan data ekspresi yang diterima oleh synthesizer. Model tersebut sering dikenal dengan sebutan “data pesan – Musikal”. “Pesan System” atau System messages berhubungan dengan pengaturan konfigurasi yang diterima oleh sebuah synthesizer seperti sinkronisasi tempo dari beberapa perangkat MIDI dan beberapa tugas yang lainnya.

Kanal MIDI / MIDI Channel

MIDI hanya bisa memainkan satu timbre saja pada era-era awal munculnya MIDI, Ketika memerlukan berbagai macam timbre maka memerlukan beberapa synthesizer yang terpisah. Analoginya seperti jika kita ingin menonton program siaran televisi dari beberapa stasiun tv maka diperlukan beberapa tv untuk bisa menyaksikannya tergantung apa yang ditayangkan oleh stasiun tv tersebut.

A)

B)

 

Gambar A menunjukan proses dimana trasmiter atau pemancar berfungsi mengirimkan data ke saluran atau kanal tertentu kemudian data siaran tersebut diterima oleh receiver tv dengan saluran yang dipilih sesuai dengan saluran pemancar. Analaogi Pemancar stasiun tv sama seperti MIDI (Gambar A) yang menunjukan bahwa komputer yang terkoneksi ke MIDI interface midi synthesizer “1” dan berikutnya secara system daisychained(Gambar B) yang telah di bahas pada artikel sebelumnya tersambung melalui port THRU ke port IN synthesizer “2”. Konfigurasi seperti ini bisa dikatakan komputer berfungsi sebagai Master dan Synthesizer ”1“ dan synthesizer “2” sebagai Slave.

Jika synthesizer “1” diatur untuk menerima kanal atau channel 1 untuk memainkan bunyi instrument piano dan synthesizer “2” diatur untuk menerima kanal 2 yang memainkan bunyi instrument bass. Sebuah pesan nada atau note message yang dikirim oleh komputer ke kanal 1 adalah piano dan hanya bisa terbaca oleh synthesizer “1” dan bunyi piano akan terdengar, begitupula sebaliknya komputer mengirim bass ke kanal 2 dan hanya bisa terbaca oleh synthesizer “2”.

Multitimbral

Saat ini synthesizer telah modern dan bisa memainkan beberapa timbre secara simultan tanpa membutuhkan perangkat terpisah lainnya. Sebuah synthesizer multitimbral memiliki kanal internal. Jadi ketika komputer terhubung ke synthesizer multitimbral secara otomatis synthesizer tersebut mampu memainkan beberapa timbre secara mandiri dalam beberapa kanal secara terpisah. Lihat Gambar C

C)

Kebanyakan synthesizer saat ini dilengkapi dengan special mode yang berfungsi untuk merespon multitimbral, dengan beberapa nama seperti “multi” atau “combi” tergantung pabrik yang membuatnya. Terdapat 16 kanal terpisah pada synthesizer umumnya, jadi synthesizer tersebut dapat memainkan 16 kanal secara simultan dalam satu kabel MIDI.

 

Bersambung ketulisan berikutnya tentang note message 

 Kontributor: Tony Maryana

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda