Minggu, 21 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Mengatur Efek Suara Pada Game Pitch Invasion

Penulis :
Selasa, 07/10/2014 14.21.02 | Dibaca: 3901




Mengatur Efek Suara Pada Game Pitch Invasion

compusiciannews


CompusicianNews.com -Learning Apps- Pitch Invasion adalah salah satu fitur yang terdapat pada band in a box yang berfungsi untuk menguji pendengaran/ear training kita terhadap not. Seperti pada tulisan yang terdahulu sudah dijelas bagaimana cara mengoperasikan Picth Invasion ini. Didalam fitur ini kita dapat mengatur efek suara yang dihasilkan ketika kita menebak/menjawab dari setiap not yang dikeluarkan. Jika kita menggunakan pengaturan pakem atau default setting pada fitur ini maka suara yang dikeluarkan semuanya berdasarkan instrument yang ada di dalam fitur ini. Perlu Anda ketahui bahwa anda dapat mengubah suara yang dihasilkan dari setiap not yang kita jawab. Atau anda dapat mengubah efek atau suara not yang dimainkan oleh fitur ini didalam komputer.

1. Mengubah efek suara keyboard/override keyboard patch
Ini adalah efek suara yang dihasilkan ketika kita menjawab dari setiap not yang dihasilkan atau dikeluarkan oleh komputer. Langkah awal tentunya kita perlu membuka fitur Picth Invasion yang terdapat pada Band In A Box terlebih dahulu.

pitch invasion

 

 

 

 

 

Gbr. 1 Tools Picth Invasion

Setelah kita membuka pitch invasion tersebut kita akan masuk ke menu pengaturan atau setting menu. 

setting

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 2 Jendela Pitch Invasion & tombol setting

Setelah kita membuka dari tombol setting ini maka kita akan mendapati satu tampilan layar seperti pada gambar berikut ini.

setting

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 3 Jendela Setting

Kita akan fokus pada pengaturan suara atau pengaturan sound yang terdapat pada bagian kanan bawah dari jendela setting tersebut. Disini kita dapati play waves sound, pilihan ini perlu kita centang karena pilihan ini yang akan memerintah komputer untuk mengeluarkan efek suara 
atau not yang menjadi jawaban kita.

Kemudian kita lihat dibawahnya terdapat midi driver, didalam  midi driver ini apabila komputer kita terkoneksi dengan keyboard controller maka untuk keyboard controller tersebut dapat bekerja pada program ini dan kita perlu mengganti midi in dan midi out nya. Tetapi jika kita tidak menggunakan atau komputer kita tidak terkoneksi dengan keyboard controller maka kita tidak perlu mengubahnya.

sound

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 4 Sound Setting

Yang selanjutnya adalah Override keyboard patch, ini adalah pilihan untuk mengubah sound atau suara yang akan dikeluarkan komputer ketika kita menjawab not yang keluar.
Langkah pertama disini centang terlebih dahulu untuk pilihan Override keyboard patch. Kemudian kita ubah untuk efek soundnya seperti pada gambar berikut ini.

keyboard

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 5 Mengubah keyboard patch

Misalkan disini kita akan memilih untuk suaranya menjadi suara burung atau bird tweet kemudian 
kita pilih oke. Ketika kita mulai memainkan pitch invasion maka suaranya otomatis akan berubah 
menjadi suara burung berkicau ketika kita menjawab not yang keluar.

 

2.Mengubah efek suara alien/override alien patch
Kita juga dapat mengubah suara not yang dikelaurkan oleh komputer (didalam fitur ini disebut alien yang keluar). Caranya dengan menlanjutkan sound setting yang ada dibawahnya yaitu Override alien pacth. 

alien patch

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 6 mengubah alien patch

Langkah awal kita centang pada pilihan Override alien patch dan kemudian kita pilih untuk efek suara yang sudah tersedia didalamnya. Misalkan kita disini memilih sound efeknya menjadi suara telp. Setelah kita pilih suara teleponnya kita pilih oke. Secara otomatis alien yang keluar akan mengeluarkan sound dering telephon.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda