Selasa, 23 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Mengapa Lagu-Lagu Pop Seakan Terdengar Sama?

Penulis :
Senin, 12/01/2015 18.51.54 | Dibaca: 2535




Mengapa Lagu-Lagu Pop Seakan Terdengar Sama?

www.ipangrock.com


Compusiciannews.com -Sains- Siapapun yang mendengar lagu-lagu pop secara regular mungkin menyadari dengan suatu anggapan bahwa dari beragam musik pop yang ada seakan terdengar sama. Sebuah penelitianpun membenarkan adanya anggapan mengenai musik pop yang menjadi anggapan banyak orang saat ini bahwa musik pop itu semakin terdengar homogen dari waktu ke waktu, dan berikut ini sebuah penelitian dilakukan, mencari alasan yang kuat mengapa musik pop ini cenderung sama.

Sebuah studi baru yang mensurvey lebih dari 500,000 album, menunjukan simplisitas dapat menghasilkan penjualan musik yang terbaik disemua genre musik. Karena semakin popularnya sebuah musik tertentu, sehingga hal itu menjadi suatu formula bagi karya-karya musik lain.

Dalam studi akhir-akhir ini, para peneliti dari Medical University of Vienna di Austria mempelajari 15 genre musik dan 374 subgenre. Mereka menilai kompleksitas genre dari waktu ke waktu,diukur berdasar para peneliti dalam aspek quantitative murni, seperti variasi timbre dan akustikal serta membandingkan juga terhadap hasil penjualan genre. Mereka telah menemukan bahwa dalam setiap kasus, semakin sebuah genre itu popularitasnya naik, musik lain juga akan mengikuti menjadi musik genre yang serupa, sehingga identitas suatu genre musik tertentu hilang.

 “Ini dapat ditafsirkan, ‘peneliti menulis,’ sebagaimana sebuah musik makin lama menjadi suatu formulaic dalam hal instrumentasi dibawah jumlah penjualan yang meningkat dikarenakan tendensi atau kecenderungan gaya hidup musikal seseorang yang sedang populer saat ini dengan variasi yang rendah dan musisi dengan skill yang sama.”

Dari hal itu musik seakan menjadi sederhana dan terdengar sama dengan musik yang lain. Tidak hanya itu, namun kompleksitas memulai mengubah gaya musikal seseorang.  Musik Hip-Hop, Alternatif Rock, eksperimental dan Hip-Hop sekarang lebih kompleks dibanding awal mulanya, dan masing-masing dari musik ini telah terjerembab dalam penjualan

Beberapa studi Psikolog menunjukan bahwa seseorang memilih lagu yang mereka familiar dengan lagu yang mereka dengar sebelumnya yang cocok dengan selera. Genre musik menstandaraisasi sepanjang waktu sebagai jalan untuk menghubungkan ke keadaan psikologis ini dan saat itulah kita akan mendengarkan lagu yang sama lagi dan lagi.

Bagi anda seorang musisi, merupakan tugas anda untuk membuat sebuah budaya musik yang baru. dengan memberikan sebuah pengetahuan-pengetahuan mengenai musik yang anda geluti, niscaya dari waktu ke waktu pasti ada sebuah perubahan pola dalam budaya bermusik.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda