Senin, 15 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Memilih Software Recording Sesuai Kebutuhan

Penulis :
Sabtu, 19/07/2014 07.00.00 | Dibaca: 16218




Memilih Software Recording  Sesuai Kebutuhan

www.gearslutz.com


CompusicianNews.com -Software- Dewasa ini pengguna komputer semakin banyak. Mereka menggunakan komputer untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan. Meskipun data awal berupa analog (bisa kertas, suara manusia) dirubah kedalam format digital (menggunakan scanner, ditulis ulang, direkam) menjadi data digital yang kemudian bisa dijadikan analog kembali (print, pita). Contoh di atas mewakili gambaran umum penggunaan komputer dalam berbagai bidang. Dalam dunia audio yang juga mengenal istilah data analog dan digital. Data analog meliputi suara kita yang kemudian dirubah menjadi digital menggunakan A/D converter dan direkam dengan software recording. Nah topik kali ini tentang memilih software recording dan sequencing sesuai kebutuhan mengingat banyaknya software jenis ini di pasaran dengan harga yang kompetitif. Beberapa software yang cukup populer antara lain Pro Tools, Apple Logic Pro, Apple Garage Band, Cakewalk Sonar, Steinberg Cubase dan Nuendo, Digital Performer dan Studio One. Coba kita lihat satu per satu dari software tersebut.

Pro Tools, adalah sebuah software yang sampai saat ini menjadi standard software audio di dunia. Salah satu keunggulan Pro Tools adalah kita bisa merekam mengunakan versi software yang sederhana dan dengan mudah di buka dan di edit menggunakan versi lain yang lebih tinggi atau sebaliknya. Dengan kepopulerannya, bagi Anda yang ingin menggunakan Pro Tools wajib menggunakan hardware (soundcard) yang mendukung Pro Tools. Bisa dari perusahaan yang sama atau dari perusahaan lain yang menyertakan Pro Tools Certified. Pro Tools tersedia dalam versi Windows dan Mac. Saat ini sudah sampai pada Pro Tools 11.

Apple Logic Pro, adalah sebuah software yang awalnya dikembangkan oleh Emagic dan berjalan pada platform Mac dan Windows. Logic Pro juga menjadi salah satu standard dunia untuk software audio. Perbedaan mendasar dengan Pro Tools adalah untuk menggunakan Logic Pro tidak dibutuhkan spesifikasi hardware (soundcard) khusus. Hampir semua soundcard yang mendukung CoreAudio bisa digunakan dengan Apple Logic Pro. Sebenarnya ada versi lain yaitu Logic Express yang mempunyai fitur lebih sederhana selain itu tidak adanya aplikasi WaveBurner untuk mastering dan MainStage untuk bermain musik live. Dua aplikasi ini terdapat pada paket Logic Studio yang terdiri dari Logic Pro, WaveBurner, MainStage, dan Compressor. Saat ini Logic Pro hanya dikembangkan untuk platform Mac saja dan sudah sampai pada versi Logic Pro X.

Apple Garage Band, adalah software standard dalam paket pembelian hardware komputer Mac. Garage Band sendiri ada di dalam paket bundling aplikasi I’Life. Garage Band sendiri mempunyai fitur fitur yang cukup untuk membuat dan meng edit audio sederhana. Software ini cocok untuk mencoba awal sebelum beralih ke Logic Pro Dengan workflow yang mirip dengan Logic Pro, mudah bagi pengguna Garage Band yang ingin mencoba fitur lebih dan beralih ke Logic Pro. Garage Band sendiri juga hanya tersedia untuk platform Mac.

Cakewalk Sonar, adalah software audio yang cukup lama berawal dari pengembang Tweleve Tone. Cakewalk sendiri awalnya mempunyai versi Cakewalk Pro Audio, Kinetic, Plasma, Home Studio dan akhirnya muncul versi Sonar. Sonar sendiri mempunyai interface yang cukup futuristik. Salah satu fitur istimewa nya adalah adanya Roland V-Vocal salah satu software untuk memanipulasi audio dengan engine VariPhrase dari Roland. Saat ini pun Cakewalk sudah di akuisisi oleh Roland. Selain memproduksi software yang sudah sampai pada versi Sonar X2 juga memproduksi hardware mulai dari keyboard controller, soundcard, Midi Cable, dan speaker.

Steinberg Cubase dan Nuendo, adalah software yang sepintas mirip dengan Nuendo yang dikembangkan oleh perusahaan yang sama Steinberg dari Jerman. Perbedaan dari kedua nya terletak pada fitur fitur. Nuendo memiliki hampir semua fitur yang dimiliki oleh Cubase, namun Cubase hanya memiliki sebagian fitur dari Nuendo. Nuendo lebih diarahkan untuk penggunaan post production, bekerja dengan data video, dan surround. Selain itu Nuendo memiliki lebih banyak dukungan terhadap hardware. Kedua software ini berjalan pada platform mac dan windows.

MOTU Digital Performer, sebuah software DAW dari Mark Of The Unicorn yang juga memproduksi hardware soundcard. Sejak versi awal Digital Performer hanya berjalan untuk platform Mac dimulai dari Mac OS 9. Kemudian program ini di desain ulang dan masih tetap hanya berjalan pada platform Mac saja menjadikan software ini salah satu kompetitor kuat di mac bersaing dengan Pro Tools. Sampai pada versi Digital Performer 8 muncul dukungan untuk platform Windows 8. Digital Performer sendiri lebih cocok bagi seorang composser, music writer dan engineer karena dibuat untuk mengakomodir kebutuhan tersebut.

Presonus Studio One, bisa dibilang software ini mudah namun tidak semudah Audacity maupun GarageBand. Studio One mempunyai fitur diatas dua software tersebut. Bagi pemula software ini cocok untuk dicoba melakukan produksi musik. Sejak software ini disertakan kedalam paket penjualan soundcard keluaran Presonus. Software ini berjalan pada platform Mac dan Windows.

Dari beberapa contoh software recording di atas Anda bisa memilih dan menentukan software apa yang paling cocok untuk Anda melihat fungsi dan harga nya. Ingat, software yang baik adalah software yang cocok dengan pekerjaan Anda BUKAN software yang mempunyai segudang fitur yang TIDAK Anda pakai.

 

Pandan P. Purwacandra, M.Kom

Dosen ISI Yogyakarta dan STMIK AMIKOM Yogyakarta

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda