Selasa, 21 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Lana Del Rey Dituntut Oleh Radiohead, Pantaskah?

Penulis :
Senin, 15/01/2018 14.32.20 | Dibaca: 1023




Lana Del Rey Dituntut Oleh Radiohead, Pantaskah?

www.elleuk.com


Compusiciannews.com -Isu Terkini- Penyanyi sekaligus penulis lagu, Lana Del Rey dituntut oleh band kawakan, Radiohead, atas lagu Get Free dari album Lust for Life karena dianggap memiliki kemiripan dengan hits dari Radiohead Creep, dari tahun 1993.

Get Free sendiri rilis pada tahun lalu sebagai lagu terakhir di album Lust for Life. Pada posting video klip Get Free di situs youtube, banyak pemirsa yang berkomentar tentang kemiripan lagu tersebut dengan hits dari Radiohead, Creep.

Lana, pada akun twitternya mengatakan, “Tuntutan itu benar. Meskipun aku tahu bahwa laguku tidak terinspirasi oleh Creep, Radiohead berpikir demikian dan meminta 100% hasil dari lagu itu. Aku telah menawarkan hingga 40% sejak beberapa bulan yang lalu, namun mereka tetap meminta 100%. Pengacara mereka bersikeras, jadi kami akan mengurusnya di pengadilan.”

Menanggapi kicauan Lana di twitternya, dalam sebuah pernyataan oleh perwakilan Radiohead, dikatakan bahwa kedua pihak telah melakukan diskusi tentang lagu ini sejak Agustus lalu, namun belum ada tuntutan yang diajukan ke pengadilan.

Polemik antara kedua pihak ini mengundang banyak kalangan untuk melakukan review terhadap kasus ini. Rick Beato, seorang musisi dan youtuber dalam channelnya membandingkan verse kedua lagu tersebut dengan memainkannya pada nada dasar yang sama. Hasilnya, perpindahan antara dua lagu tersebut tidak tampak, karena kedua lagu tersebut memiliki pola akord yang sama.

Namun demikian, Rick menambahkan bahwa ia tidak mendukung keputusan Radiohead untuk menuntut Lana Del Rey. Ia  juga merujuk pada fakta bahwa hits Creep sendiri telah kalah dalam tuntutan plagiarism yang diajukan The Hollies atas lagu The Air that I Breathe. Ia mengatakan, “Pertanyaan yang sesungguhnya adalah, kenapa Radiohead menuntut Lana Del Rey saat mereka sendiri pernah dituntut karena mencuri “The Air That I Breathe” dari The Hollies untuk lagu Creep?”. Lalu sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah Radiohead pantas untuk menuntut Get Free?

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda