Senin, 15 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Kumpulan Alat Musik Paling Unik, Bahkan Aneh!

Penulis :
Senin, 11/05/2015 10.05.28 | Dibaca: 4135




Kumpulan Alat Musik Paling Unik, Bahkan Aneh!

pbase.com


Compusiciannews.com -Artistik- Alat-alat musik dalam artikel ini boleh dibilang adalah hasil karya dari tangan-tangan ajaib. Para pembuatnya tidak hanya punya pengetahuan yang mumpuni soal musik, tapi kreativitas dan jiwa seni mereka sudah tidak perlu diragukan lagi. Apa saja alat-alat musik yang dibilang unik bin aneh tersebut? Simak, yuk!

1. Hurdy Gurdy

Hurdy Gurdy atau yang biasa juga disebut dengan Wheel Fiddle, adalah alat musik stringed yang bentuknya hampir mirip dengan biola. Selain memang bisa dimainkan layaknya biola, alat musik ini juga mampu memainkan melodi seperti pada keyboard. Bahkan, bisa juga mengontrol suara dan menghasilkan bunyi-bunyi yang unik dengan memutar pedal putarnya. Uniknya, alat musik asal Eropa ini masih punya daya tarik tinggi lho. Bahkan, grup band Arcarde Fire pun ikut memainkan alat ini.

2. Daxophone

Diciptakan oleh Hans Reichel, alat musik daxophone adalah hasil eksperimen dari material kayu. Alat musik ini terhubung dengan contact microphones yang dimainkan dengan cara dipetik, dipukul, bahkan digesek menggunakan alat yang disebut dengan bow.

3. Uberorgan

Ubreorgen adalah alat musik instalasi yang kabarnya merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Perangkat yang bisa menghasilkan bunyi-bunyian unik ini diciptakan oleh Tim Hawkinson. Ia membuatnya dari pipa-pipa yang berbentuk seperti balon dan bergerak dengan dorongan dari udara.

4. Wheelharp

Jon Jones dan Mitchel Manger adalah dua orang dibalik terciptanya alat musik unik ini. Wheelharp yang pertama kali diperkenalkan di Amerika pada tahun 2013 ini terdiri dari bowed strings yang dapat dikontrol melalui keyboard dan foot controller. Musisi yang menggunakan alat ini bisa memainkan 61 strings yang terdapat pada wheelharp dan mengontrolnya dengan menggerakkan sebuah pedal kaki yang ada di bawahnya.

5. Bikelophone

Tepatnya pada bulan Juni tahun 1955, alat ini diciptakan sebagai alat musik tambahan bagi kelompok musik The Lyle and Sparkleface Band. Konon, alat musik ini adalah hasil percobaan dari sebuah sistem magnetic pickups hingga semua komponen yang terhubung akan menghasilkan berbagai bunyi-bunyian.

6. Pyrophone

Disebut juga dengan istilah fire organ, karena alat musik ini semua bunyi-bunyiannya berasal dari api. Mulai dari kobaran apinya hingga panasnya. Alat musik yang terbilang unik dan sedikit aneh ini diciptakan oleh Georges Frederic Eugene Kastner.

7. Hydraulophone

Steven Mann adalah seorang profesor di Universitas Toronto yang pertama kali memperkenalkan alat musik ini. Tepatnya pada gelaran International Music Conference di tahun 2007, Mann mendemokan alat musiknya yang mengandalkan pipa dan air.

Hydraulophone terbuat dari pipa-pipa memanjang dengan 12 dan 45 lubang yang ada di atasnya. Banyaknya lubang akan berpengaruh pada nada yang dihasilkan. Ketika air dialirkan dalam pipa tersebut, maka air akan keluar dari lubang, dan jika lubang itu ditutup maka akan ada bunyi-bunyian yang dihasilkan.

8. 12 Neck Guitar

Gitar unik ini dibuat oleh seniman asal Jepang bernama Yoshihiko Satoh. Present Arm adalah nama yang disematkan pada gitar yang menjadi salah satu dari seri karyanya yang memang didedikasikan pada para musisi. Present Arms menggabungkan 12 gitar Fender yang disatukan dalam satu bentuk.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda