Kamis, 21 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Konten 'Paid-Only' Spotify akan Segera Dirilis

Penulis :
Kamis, 27/07/2017 09.00.00 | Dibaca: 608




Konten 'Paid-Only' Spotify akan Segera Dirilis

digitalmusicnews


Compusiciannews.com -Distribusi- Beberapa bulan yang lalu, Spotify mengamankan kesepakatan lisensi jangka panjang dengan Universal Music Group dan Merlin Network. Sekarang, setelah mengunci kesepakatan serupa dengan Sony Music dan Warner Music Group, Spotify kemungkinan akan meluncurkan konten eksklusif dan berbayar khusus pada musim gugur tahun ini.

Spotify terakhir melaporkan bahwa mereka memiliki 140 juta pengguna di platformnya. Sedikitnya lima puluh juta telah mendaftar untuk layanan premiumnya. Itu berarti kira-kira 64,3% total pengguna Spotify mendengarkan lagu melalui platform gratis yang didukung iklan.

Berdasarkan persyaratan kesepakatan, pengguna gratis atau free user hanya memiliki akses ke single yang ditentukan. Setelah beberapa minggu, pengguna dapat mendengarkan album melalui layanan yang didukung iklan.

Musim gugur ini, Merlin Network, UMG, Sony Music (dan sekarang WMG), kemungkinan akan merilis high-profile albums untuk pengguna Spotify Premium. Terdapat beberapa album yang akan menjadi rilisan pertama untuk UMG termasuk Now milik Shania Twain dan Wonderful wonderful milik The Killers.

Platform ini bisa saja membuat kebijakan untuk membatasi album terlaris selama beberapa minggu, dimulai dengan beberapa album. Hal ini mungkin akan segera berubah menjadi layanan eksklusif berbayar tiap minggunya. Pengguna free mungkin saja hanya dapat melakukan streaming beberapa single dari album yang dibatasi.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Digital Music News menunjukkan bahwa label-label utama memperoleh pendapatan enam kali lebih banyak dari pelanggan premium. Dengan membatasi akses album untuk pengguna free, Spotify, akan memperoleh lebih banyak pendapatan karena pengguna free akan tertarik menjadi pengguna premium yang dapat mengakses semua album. Atau setidaknya itulah idenya.

Spotify belum membatasi album sampai sekarang ini. Namun, begitulah kesepakatan Spotify-WMG yang selesai pada bulan September ini. Mereka mengharapkan semua pengguna mendaftar untuk layanan Premium.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda