Senin, 15 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Ketika Analog Menjadi Pendukung Teknologi Digital

Penulis :
Selasa, 22/04/2014 00.11.25 | Dibaca: 1984




Ketika Analog Menjadi Pendukung Teknologi Digital

helmedrom.com


CompusicianNews.com – Perangkat – Di tahun 2014 tampaknya popularitas pemutar MP3 dan CD akan meredup. Ya, sekalipun sesuatu dibuang karena kemunculan barang yang lebih baru lagi, terdapat aspek dari teknologi analog yang masih diperlukan atau dipertahankan untuk mempertahankan kelangsungan musik.

Analog bisa diartikan sebagai pra-digital yaitu teknologi yang muncul dan mendorong lahirnya dunia digital. Contohnya dalam dunia professional audio, para teknisi lebih pandai dalam mengidentifikasi aspek analog yang digital. Musik salah satunya, menjadi garis terdepan dari ancaman terhadap analog, dan mungkin dapat menunjukkan cara bertahannya sekaligus. Melihat bagaimana kita berinteraksi dengan suara dapat mendefinisikan analog pasca digital yang dapat memberikan solusi dari komunikasi digital dalam lingkup yang lebih luas.

Meskipun Sony Walkman memperkenalkan Headphone dijalanan pada tahun 1979, Smartphone membuatnya berdiam di telinga kita. Komunikasi digital membuat kita selalu tersambung satu dengan lainnya melalui telepon, internet, musik, dan lainnya dan melalui earphone.

Setiap orang yang membaca ini pasti akan familiar dengan ketidaksambungan antara earbud dan headphone. Perundang-undangan mulai menghadapi problem sosial yang disebabkan oleh jarak, Contohnya ketika berkendara. Mungkin anda pernah mengalami pengalaman berkendara dengan mengikuti instruksi navigasi GPS namun menuju arah yang salah. Kesalahan ini mutlak karena tidak memperhatikan hal yang bersifat analog seperti tanda, matahari, peta, dan arah sehingga menyebabkan anda tersesat di dunia nyata. Dengan kata lain, memetakan diri kita melalui GPS dan Headpone dapat menyebabkan disorientasi. Tanpa petunjuk analog untuk menunjukkan peta, kita bisa tersesat tanpa tahu arah yang sebenarnya.

Dengan demikian peran analog dalam hal tertentu tidak bisa digantikan pada dunia digital. Analog bukanlah suatu hal yang pantas untuk dibuang, namun sebagai alat yang esensial untuk mendukung keberadaan teknologi digital serta alat untuk menghubungkan kita dengan dunia sekitar kita. Keberadaan semua teknologi yang bersifat digital merupakan era baru setelah kemunculan era analog. Analog perlu dipertahankan untuk kelangsungan teknologi digital itu sendiri.  

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda