Minggu, 26 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Industri Streaming Merajai Era Musik Digital Dunia

Penulis :
Jumat, 30/09/2016 11.26.17 | Dibaca: 1031




Industri Streaming Merajai Era Musik Digital Dunia

digitalmusicnews


Compusiciannews.com -Industri- Selama setengah tahun ini, industri musik telah menikmati pertumbuhan penerimaan yang konsisten dan hal ini dikarenakan persetujuan lisensi dengan beberapa layanan streaming seperti Spotify, Apple Music dan Pandora. RIAA mencatatbahwa penerimaan dari layanan streaming ini sebagai kemudi untuk industri musik di Amerika Serikat, namun tidak demikian untuk unduk musik digital.

RIAA merilis data penjualan mereka untuk paruh pertama di tahun 2016 dan dalam laporan mereka menunjukan bahwa penerimaan musik streaming ditotal sebesar US$ 1,6 Milyar, naik sebesar 57% dari tahun lalu yang berpresentase 47%. Penerimaan dari layanan subskripsi seperti Apple Music, Tidal, Spotify Premium dan beberapa platform streaming lainnya.

Pembayaran subskripsi hingga layanan streaming juga mengalami pertumbuhan tahun ini dengan terhitung sebesar 30% dari penerimaan industri. Subskripsi berbayar sebenarnya naik 101% untuk rata 18,3 juta, dibanding hanya 9.1 di tahun 2015 dan 7,9 di tahun 2014. Yang lebih mengejutkan adalah penerimaan dari subskripsi berbayar mengalahkan unduh digital. Tahun lalu, akun unduh lagu permanen kira-kira mencakup lebih dari separuh dari penerimaan musik digital. Tahun ini, penerimaan dari streaming telah membayang-bayangi penerimaan unduh digital, dengan penerimaan dari ringtone dan rinback mengalami kelambatan. Selain ini, 3 format dari musik streaming mengalami pertumbuhan pendapatan.

Ini menariknya. Dalam 6 bulan pertama di tahun 2014, subskripsi berbayar menghasilkan US$ 373 juta. Selama periode yang sama di tahun 2015, ada sekitar US$79 juta. Tahun ini, bagaimanapun, jumlahnya berlipatkali ganda dengan menghasilkan penerimaan US$ 1 milyar.

SoundExchange mengalami peningkatan juga sekitar US$ 403 juta. Layanan didukung iklan yang ada di platform streaming mengalami kenaikan hingga US$ 195 juta, naik dari US$ 158 untuk 6 bulan pertama di tahun 2015. RIAA menyatakan bahwa nilai total dari format yang didistribusikan secara digital sebelumnya menghasilkan US$ 2,7, naik 16% di periode yang sama di tahun lalu.

Namun beberapa layanan penyedia unduh digital mengalami penurunan yang siginifikan dari 11%-22%. Dan seperti yang sudah dilaporkan RIAA bahwa penjualan vinyl juga mengalami penurunan dan dari apa yang sudah dilihat, gaya mendengarkan musik pada masyarakat umum selalu mengalami pergeseran atau perubahan yang bersamaan dengan majunya teknologi.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda