Rabu, 20 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Hops Puppet and Friends Rilis Album Anak Indonesia

Penulis :
Kamis, 22/12/2016 09.00.00 | Dibaca: 957




Hops Puppet and Friends Rilis Album Anak Indonesia

http://www.hopspuppet.com/


Compusiciannews.com - Sosial Budaya - Masyarakat luas semakin dikhawatirkan dengan merebaknya lagu-lagu yang kurang mendidik. Bahkan, tidak sedikit lagu yang liriknya terkesan menjerumuskan para generasi muda. Dikhawatirkan dampak dari lagu tersebut bisa mempengaruhi pola pikir anak-anak. Sebab, dari mendengarkan bisa saja mencoba dalam kehidupan nyata. Rusaknya moral para generasi muda sekarang ini merupakan salah satu dampak dari pengaruh buruk tersebut.

Lagu anak yang dulu sempat populer di tahun 90-an memang menjadi fenomena tersendiri. Bahkan, tidak bisa dipungkiri jika di era tersebut, lagu anak-anak pun beragam dan masih sesuai dengan aktivitas anak kecil. Namun seiring perkembangan zaman, para penyanyi cilik penerus Joshua, Chikita Meydi, Trio Kwek Kwek sulit untuk ditemukan lagi.

Dan seakan menjawab keresahan masyarakat, sekelompok anak muda yang tergabung dalam kelompok panggung boneka Hops puppet and friends merilis album anak dengan judul "Anak Indonesia". Album yang berbentuk kepingan dvd ini terdiri dari 8 lagu, diantaranya Hops Hops, Bersepeda, Senyum Anak Indonesia, Yo Ayo Belajar, Hopie, Aku Berharga, Ibu dan lainnya. Album Anak Indonesia melibatkan musisi kenamaan yaitu Hermann Joss Mokalu atau Yosi "Project Pop" juga mendiang penyanyi Mike Mohede.

"Beberapa kali saya pernah bikin lagu anak-anak. Saya ingin melestarikan lagu anak. Bahasanya, bahasa mereka, ada nilai edukasi, dengan lirik yang bisa dicerna anak-anak," ungkap Yosi.

Melalui lagu-lagu tersebut, Hops mencoba menyampaikan pesan moral dan keceriaan seperti dalam lagu “Bersepeda”. Mengajarkan cinta kasih kepada sesama dan orang tua yang dinyanyikan oleh Michi Sendrawan dan Seth Nainggolan dalam lagu “Ayah” dan “Ibu”, serta menumbuhkan rasa kebangsaan Indonesia dan persatuan kepada para anak Indonesia seperti yang disampaikan didalam lagu “Heartbeat of Indonesia” yang dibawakan oleh Nikki Thierry.

"Proses penggarapan album dimulai sejak Juni 2016, dengan menampung lirik lagu dari para pencipta lagu yang punya visi dan misi yang sama," ucap Theresia Wiraatmadja, selaku eksekutif Hops Puppet and Friends,

Peluncuran Album "Anak Indonesia" ini juga dalam rangka untuk melakukan aksi sosial. Seluruh keuntungan dari penjualan lagu ini akan dipakai untuk melakukan program-program sosial yang telah direncanakan.

HOPScotch Puppets n Friends adalah kelompok panggung boneka dan drama yang telah berpengalaman di bidang pertunjukkan panggung boneka, khususnya “Blacklight Puppetry” sejak tahun 2006, dimana para puppeteers-nya dilatih oleh team dari Amerika Serikat. Nama HOPScotch diambil dari permainan tradisional anak-anak, yang dalam bahasa Indonesia biasa disebut “tak teplek” atau “dampu”. Hopscotch sendiri adalah salah satu permainan yang dilakukan oleh prajurit Romawi zaman dahulu untuk melatih kekuatan dan kecekatan kaki; sehingga diharapkan anak-anak tumbuh menjadi anak-anak yang cekatan dan berkarakter kuat, dengan menyaksikan pertunjukkan panggung boneka yang mereka bawakan.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda