Minggu, 26 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Hati-Hati Bikin Video Cover di Facebook, Bisa Jadi Akun Anda Suspend

Penulis :
Sabtu, 25/03/2017 09.00.00 | Dibaca: 786




Hati-Hati Bikin Video Cover di Facebook, Bisa Jadi Akun Anda Suspend

digitalmusicnews


Compusiciannews.com -Isu Terkini- Tahun lalu, Universal Music Publishing Group yang merupakan publisher atau label terbesar dunia mulai menghapus semua video-video cover di Facebook. Kabarnya, Facebook dan pihak label tidak menyetujui persetujuan royalty untuk lagu-lagu yang di-cover dan imbasnya diberikan kepada para pengguna Facebook yang menyanyikan lagu-lagu dari artis yang berada dalam naungannya.

Sekarang ini imbasnya bahkan makin besar dengan UMPG akan membidik semua ideo cover di Facebook. Pertanyaannya mengapa Facebook dan UMPG tidak dapat melakukan perjanjian an malah menjadikan para penggna sebagai bidikan atas konsequensi.

Pada dasarnya, video cover mengacu pada segala jenis pertunjukan dari lagu-lagu yang tertulis dan memiliki hak cipta. Sehingga jika Anda misal memainkan gitar dan menyanyikan lagu Thinking Out Loud dari Ed Sheeran itu disebut cover. Dan karena UMPG memiliki hak atas lagu itu maka mereka secara resmi dapat menghapus video cover itu serta mematikan setiap akun pengguna.

Sebelumnya, Ed Sheeran sempat meminta maat kepada para fansnya di Facebook atas tindakan pihak label atas karya video cover dan berjanji mengembalikan akun Facebook mereka, namun sepertinya belum ada kepastian dari pihak Facebook dan UMPG tetap berpegang pada prinsipnya bahwa video cover Facebook merupakan tindakan pelanggaran.

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda