Jumat, 22 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Hati – Hati Kampanye Politik Dengan Musik!

Penulis :
Senin, 19/05/2014 04.04.38 | Dibaca: 2147




Hati – Hati Kampanye Politik Dengan Musik!

music.ucsb.edu


 

 

CompusicianNews.com - Industri - Kampanye kini identik dengan melibatkan musik. Jika anda adalah caleg, anda harus hati-hati menggunakan musik saat berkampanye politik. Pasalnya, anda bisa digugat atas performance musik tersebut.

Tidak sedikit juga partai yang berkampanye melibatkan musik, terutama lagu populer, namun tidak memiliki izin dari penggunaan lagu dari musisi yang bersangkutan. Di Amerika, ketika seseorang telah terlanjur menggunakan lagu untuk kampanye tapi kemudian mendapatkan gugatan, mereka akan melakukan langkah-langkah berikut ini:

Langkah Pertama

Seseorang harus mengetahui dimana tempat melangsungkan kampanye. Nah, hal ini erat hubungannya dengan organisasi yang melindungi musisi yang dikenal dengan nama BMI atau ASCAP. Seperti kejadian digugatnya kampanye Gingrich atas pelanggaran hak cipta oleh sebuah band bernama Survivor, karena kampanye tersebut menggunakan lagu “Eye of Tiger” tanpa ijin pemiliknya.

Sebenarnya, menurut ahli, seseorang tidak harus meminta ijin pada musisinya secara langsung, terutama jika seseorang memiliki blanket license dari ASCAP atau BMI. Peter DiCola mengatakan bahwa kebanyakan tempat umum memiliki lisensi tersebut. Namun, untuk tempat-tempat kecil atau terpencil biasanya tidak.  

Langkah Kedua

Mungkin, terkadang penggunaan lagu harus meminta izin langsung ke pemilik lagu, terutama jika digunakan untuk komersil seperti acara TV atau iklan. Tentu saja pengguna harus membayar royalty kepada penulis lagu, maupun label rekaman. Lawrence Iser seorang pengacara dari Los Angeles berkata, “jika anda membuat produk yang komersil, kemudian ingin mengiklankannya di YouTube, tentu anda perlu membuat video dengan iringan musik, anda butuh lisensi lagu tersebut, sehingga anda perlu ijin dahulu kepada artis dan label rekamannya.

Langkah Ketiga

Jika anda telah yakin tempat kampanye anda sudah memiliki lisensi resmi, dan anda tidak menggunakan materi lain yang memiliki hak cipta tanpa ijin, mungkin orang lain masih bisa mencari celah untuk menggulingkan anda. Misalnya ada seorang musisi bernama K’Naan yang menggugat Romney karena menggunakan lagu “Wavin’ Flag” pada kampanyenya. Dia beralasan bahwa menggunakan lagu untuk kampanye dapat merusak image musisi penciptanya. Untuk itu Romney tidak lagi menggunakannya karena menghormati musisi tersebut.   

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda