Rabu, 20 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Grammy Awards Buktikan Industri Musik Digital Semakin Maju

Penulis :
Selasa, 23/02/2016 12.22.18 | Dibaca: 1305




Grammy Awards Buktikan Industri Musik Digital Semakin Maju

Tori Kelly, Nominee untuk Best New Artist di Grammy Awards http://mashable.com/


Compusiciannews.com -Industri- Saat Anna Kendric, pemeran Becca dalam film Pitch Perfect memperkenalkan penampilan dari duo artis pendatang baru Tori Kelly dan James Bay di ajang Grammy 2016 lalu, dia menunjuk bahwa 2 musisi ini memiliki kesamaan dimana mereka memulai karirnya melalui jalur online.

Namun pasangan ini tidak hanya satu-satunya di Grammy yang muncul dalam ruang digital. Tahun ini, Recording Academy telah meluruskan sebuah upaya untuk menyertakan pioneer-pioner sosial media yang mencerminkan pergeseran secara keseluruhan dalam perilaku industri musik menuju artis-artis digital pertama.

Untuk pertama kalinya, Recording Academy ini mengubah sejumlah pioneer internet untuk menghasilkan konten di semua platform sosial media, seperti di Twitter, Facebook, Instagram, Vine dan Snapchat dalam 3 hari sebelum acara Grammy. Mereka mencampurkan  artis-artis A-List seperti Adele, Taylor Swift dan Sam Smith yang berjalan di red caprpet dan memposting gambar-gambar mereka saat selfie bersama para fans

“Saya rasa banyak penghalang dalam industri musik yang berhubungan dengan penemuan musik turun,” Evan Greene, CMO dari The Recording Academy berkata kepada media Mashable. “Tentunya ini sudah menjadi suatu yang biasa, dapat menemukan bakat-bakat ini dalam cara yang dapat diakses oleh jutaan penggemar dibandingkan memiliki sistem institusional yang memberikan artis-artis yang paling relevan.”

Connor Franta, yang telah membuat takjub sekitar 5,2 juta subscriber ke channel YouTube akhir-akhir ini ditunjuk oleh The Recording Academy. Seorang pioneer digital yang telah meluncurkan label musiknya sendiri Heard Well merupakan  diantara selebriti yang berjalan di red carpet Grammy dan yang dipilih untuk me-tweet semua kegiatan dibalik layar dan saat acara Grammy dimulai.

“Hal ini merupakan suatu yang aneh,”  dia berkata kepada media Mashable yang dikutip oleh Compusiciannews.com. “Saya merasa terhormat saat menyadari apa yang lebih dari diri saya dan dikatakan sebagai orang pertama dari dunia digital yang diundang di acara ini, saya merasa seperti trailblazer”

Franta berkata dia berpikir Recording Academy mengambil keutungan darinya setelah dia men-twet beberapa nominasi untuk Best Alternative Music Album pada 7 Desember 2015 lalu dan dia berhasil mengumpulkan 9,200 likes, dan lebih dari penyanyi atau nominator biasanya.

Sebelum Tori Kelly dan James Bay, sudah ada Justin Bieber, Carly Rae Jepsen, Cody Simpson dan masih banyak kickstarter lainnya yang memulai karir lewat platform online. Namun naiknya Bieber dan Jepsen secara besarnya dibantu rekan artis dan manager yang menemukan mereka dan Kelly bangkit hanya dibantu kepopuleran YouTube yang dia mulai pada tahun 2010 lalu.

Dan sekarang gadis berusia 23 tahun dan sempat mengikuti ajang pencarian bakat American Idol itu telah membuat takjub 2 juta pelanggan YouTube dan telah berada  di nominasi Grammy untuk Best New Artist.

 “YouTube telah mendorong pencarian musik dengan meningkatkan kecepatan dalam waktu 10 tahun terakhir,” begitu kata Vivien Lewit, Global Head Artist Relations YouTube berkata kepada media Mashable dalam pernyataan yang tertulis di E-Mail. “Segala macam artis dapat mengunggah video musik mereka dan dapat ditemukan oleh lebih dari 1 milyar orang di 80 negara, yang membuka akses besar kepada audiens dan kesepmatan besar bagi para fans dan pecinta musik menemukan bakat-bakat baru.”

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda