Minggu, 26 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Gitar MIDI Dengan Sistem Expressiv Dari O’Reilley

Penulis :
Selasa, 04/11/2014 12.37.18 | Dibaca: 2107




Gitar MIDI Dengan Sistem Expressiv Dari O’Reilley

gizmag.com


CompusicianNews.com –Instrumen- Pemain Keyboard, drummer digital dan para DJ telah menikmati sonic magic synthesize cukup lama, namun hingga akhir-akhir ini, gitaris elektrik telah tertinggal sedikit. Sebuah contoh yang bagus dari kemajuan yang dibuat oleh para gitaris elektronik adalah TriplePlay dari Fishman yang memiliki sistem MIDI nirkable. Dibanding bergantung pada hexaphonic pickup yang tertempel secara eksternal yang ada dalam TripplePlay, walaupun begitu, Rob O’Reilly dari Irlandia menggunakan teknologi pindaian smart fretboard untuk sistem gitar MIDI yang ekspresif.

Sistem Expressiv merupakan buah dari 3 tahun penelitian, pengembangan dan pengujian. Tidak hanya membedakan dari satu instrumen dalam penampilan saja, namun gitar dengan berat 3,25kg juga mengambil pendekatan berbeda dalam proses konversi fingerboard ke MIDI

“Saya telah mencoba sistem GK dari Roland, TripplePlay dari Fishman dan juga YouRockGuitar,” begitu jelas O’Reilly kepada media Gizmag. “Baik Roland dan sistem MIDI Fishman mencatat pitch dari suara dawai. Sedangkan Expressiv menggunakan pemindai smartfretboard seperti key dalam keyboard. Pemindai smartfret mendecode dawai mana yang ditekan secara akurat. Hasilnya hampir sama mengenai bagaimana keyboard dimainkan, kecuali fretboard gitar. Ini jelas berbeda untuk hex pickup yang bergantung pada deteksi pitch dari notasi yang berdering.”

Sistem Expresiv dilaporkan mampu melakukan ultra-fast tracking dengan tanpa latensi dan tidak ada nada-nada hantu, dan nada ini akan menyokong selama pemain menekan fret. Gitarnya juga memiliki 2 output single coil pick up yang tinggi yang memungkinkan musisi untuk switch antara MIDI output dan traditional amp output.

Instrumennya merupakan MIDI class compliant, yang memungkinkan dapat digunakan sebagai kontroler untuk synthesizer hardware eksternal, keyboard atau peralatan MIDI lain (via USB atau 5-pin MIDI). Digital wizardnya memperoleh daya yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan via kabel USB yang dicolokan ke komputer atau laptop yang menjalankan kreasi musik atau perangkat rekaman meskipun terdapat pembicaraan  mengenai penambahan 9V kompartmen batrey sehingga cahaya biru, hijau dan merahnya terlihat saat dalam mode gitar/ amp mode.

Untuk memperoleh gitar dengan sistem MIDI Expresive dari prototype menjadi model produksi, gitar ciptaan O’Reilly ini telah diluncurkan di Kickstarter. Dan jika sesuai rencana, gitar ini akan mulai di pasarkan pada bulan Maret 2015.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda