Jumat, 22 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Gelombang Otak Dapat Mengontrol Synthesizer

Penulis :
Rabu, 30/07/2014 09.00.00 | Dibaca: 1980




Gelombang Otak Dapat Mengontrol Synthesizer

http://createdigitalmusic.com/


CompusicianNews.com –Sains- Sudah pasti, anda dapat mengkonversi MIDI dan clock serta DIN dan mengendalikan voltase. Tapi bagaimana dengan gelombang otak anda? Bagaimana jika anda mengontrol synthesizer anda langsung dari pikiran anda?

Beberapa musisi inventor dan experimental yang kreatif telah mendesain prototype hardware yang memiliki headset dengan interface yang peka dengan gelombang otak yang dapat terhubung dengan synthesizer via sinyal analog dan MIDI. Dan pada 26 Juli kemarin, para inventor ini memperkenalkan sistem keseluruhan dalam suatu konser live.

Box ini dirancang untuk dapat berjalan dengan headset MindWaveMobile dari Neurosky, sebuah perangkat yang dapat membaca gelombang otak sebagai sinyal elektrik yang ada pada permukaan kulit anda.

Otak anda adalah input; mengendalikan voltase atau MIDI adalah outputnya. Desktopnya, yang merupakan unit kerjanya,  merupakan unit tersendiri sebagaimana Eurorack untuk modular, tapi perbedaannya hanya pada faktor bentuk dan keduanya menjalankan tugas yang sama, yaitu:

  1. Membaca gelombang otak (EEG) secara langsung sepanjang 8 band
  2. Respon pada analisa headset MindWave, seperti “Attention” dan Meditation”
  3. Grafik OLED menunjukan konfigurasi
  4. Kostumisasi: “Memperhalus sinyal, menghasilkan suatu batas, terdapat algoritma tambahan, penskalaan, channel MIDI dan masing-masing output dapat dikonfigurasi sepenuhnya.”

Bagi anda seorang builder, anda juga dapat memperoleh serial interface RS232 sehingga anda dapat memperoleh sinyal langsung atau mengirim perintah ke hardware sebagai input. Berikut ini video demonya:

 


loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda