Minggu, 26 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Facebook dan Google Sama-Sama Filter Berita Hoax di Internet

Penulis :
Rabu, 16/11/2016 11.35.58 | Dibaca: 891




Facebook dan Google Sama-Sama Filter Berita Hoax di Internet

Nerd Trek


Compusiciannews.com -Isu Terkini- Selasa (15/11) Google dan Facebook memotong penerimaan periklanan untuk situs-situs berita palsu setelah gelombang kritisme atas  peran misinformasi yang dimainkan dalam Pilpres AS lalu. Niatan ini dilakukan oleh 2 perusahaan besar untuk menghentikan segala pembritaan sensasional yang bersirkulasi di dunia maya dan dinilai sebagai pengaruh potensial pada opini publik.

Pernyataan Google ini diberitakan melalui media AFP dan kebijakan baru ini dikatakan akan melarang Google Ad ditempatkan pada konten yang misrepresentatif. Niatan ini berarti Google akan membatasi iklannya untuk konten-konten yang kurang kredibel. Pimpinan eksekutif Sundar Pichai berkata perusahaan menerima milyaran harian queries dan eror.

“Terdapat beberapa insiden yang ditunjukan dan ini momen pembelajaran bagi kami dan kami tentunya akan  memperbaikinya,” begitu katanya dalam wawancara dengan media BBC.

Facebook, jejaring sosial dengan basis pengguna terbesar melalui juru bicaranya berkata “melalui Kebijakan Jaringan Audiens, kami tidak mengintegrasi atau menunjukan iklan di aplikasi atau situs yabg mengandung konten illegal dan menyesatkan, termasuk didalamnya adalah berita palsu,”

Beberapa konten yang menjadi viral adalah salah satunya “Hillary Akan Mengadakan Perang Saudara Jika Trump Terpilih Sebagai Presiden.”

Facebook dalam hal ini telah mempertimbangkan dirinya sebagai media berita dan bukan platform netral, sebuah niatan yang akan memerlukan Facebook untuk membuat penilaian editorial pada setiap artikel.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa pimpinan Facebook dalam hal ini menolak penilaian bahwa Facebook ikut serta dalam membuat berita palsu dan sejak pemilihan presiden lalu, Facebook melakukan fllter yang ketat untuk setiap konten.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda