Minggu, 26 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Facebook Ikut Dorong Kesuksesan Karir Para Artis

Penulis :
Minggu, 20/11/2016 12.46.45 | Dibaca: 1108




Facebook Ikut Dorong Kesuksesan Karir Para Artis

RouteNote


Compusiciannews.com -Industri- Sebagaimana industri musik berperang dengan Facebook karena masalah royalti dan apa yang adil, selalu ada pertanyaan yang  berkutat, yaitu seberapa penting vodeo-video Facebook untuk karir para artis? Dan lebih pentingnya, seberapa penting video yang tak terotorisasi dan dibuat oleh fans untuk karir para artis?

Menurut data, keberhasilan artis untuk single-nya juga dipengaruhi oleh video-video fan-made yang ada di Facebook, salah satu contohnya adalah single unggulan Adele Hello yang menuai kesuksesan dari beberapa video-video fan-made dan bahkan kemenangan terbesar dari video-video buatan para penggemar itu.

Namun itu tidak hanya terbatas pada Facebook melainkan mencakup semua video yang dibuat penggemar di berbagai platform. Kebanyakan orang hanya berinteraksi dengan hal-hal yang dibuat oleh pengguna dan lebih dalam lagi. Penemuan ini menarik karena kesuksesan besar dari Hello dan menurut data dari Nielsen Soundscan, Hello merupakan single tercepat dengan meraih 1 juta unduh dalam waktu seminggu. Tapi itu hanyalah salah satu dari beberapa pencapaian karena album Adele sendiri, 25 adalah salah satu rilisan best-selling dalam sejarah musik modern, dan hal ini mengindikasi bahwa Facebook menjadi salah satu platform yang mebantu karir para artis.

Tapi tidak bisa disangkal pula bahwa video-video buatan para penggemar ini  juga merugikan video asli karena musik yang dipakai adalah karya asli dan secara keseluruhan, konten-konten video-ideo fan-made yang tidak terotorisasi mengurangi jumlah engagement video original.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda