Senin, 15 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

FFK, Keyboard Untuk Belajar Gitar Lebih Menyenangkan

Penulis :
Kamis, 19/06/2014 14.54.02 | Dibaca: 2844




FFK, Keyboard Untuk Belajar Gitar Lebih Menyenangkan

gizmag.com


CompusicianNews.com –Instrumen- Banyak orang berpikir jika belajar gitar itu sulit dan cukup menyakitkan karena kita harus menekan dawai-dawai gitar dengan ujung jari kita yang lunak dan lembut sehingga membuat beberapa orang mengalami luka kecil saat pertama kali belajar gitar. Don Bacon dari Denver, Colorado, Amerika Serikat merancang sebuah alat bantu yang dapat menghilangkan rasa sakit pada saat belajar gitar, alat itu disebut Finger Friendly Guitar Company Keyboard atau disingkat FFK. Alat ini membantu untuk membuat proses pembelajaran gitar menjadi lebih nyaman dan tidak terasa menyakitkan di jari sehingga mereka dapat menguasai teknik bermain gitar dengan cepat dan mudah.

Bacon berkata bahwa ide keyboard ini sudah dipatenkan sejak tahun 2012 lalu, “dirancang untuk mengurangi 2 alasan utama 9 dari 10 orang yang belajar gitar menyerah dalam frustrasi dan kekecewaan: 1. ‘membuat jari sakit’ 2. Tidak dapat memanage kord secara cepat’.” Tidak seperti belajar sistem seperti Fretlight atau Rocksmith, tidak ada alat elektronik dan software yang rumit untuk dikawatirkan, FFK ini dirancang secara mekanis.

Saat ini prototype plastic ABS yang dicetak 3D ini dirancang untuk dapat menempel di leher gitar dan dapat kuat tertempel dengan Velcro. FFK dilaporkan kompatibel dengan segala macam alat elektrik maupun akustik yang standar tapi tidak cocok untuk klasik atau instrumen berdawai 12.

Di sisi pemain, masing-masing fret dibagi kedalam 6 kunci yang tersebar ke 2 kolom. 1 kolom mewakili kunci E, G dan A tinggi dan lainnya untuk kunci / dawai B, D dan E rendah. Tombol yang ada dibagian atas FFK juga diengselkan sehingga para pemain dapat menggunakan jempol mereka untuk membunyikan dawai yang tepat. Kunci dengan kode warna yang ada didepan adalah tombol dengan daya pegas saat pemain menekan tombol yang rama jari itu.

Sistem ini mencakup 10 fret pertama dari leher gitar saja. Inventornya merasa bahwa ini cukup untuk memainkan lagu yang pemain biasa sering mainkan untuk belajar. Tujuan dari unit ini adalah menjadikan permainan gitar lebih menyenangkan dan lebih mudah serta tidak begitu menyakitkan di jari.

Namun perlu diketahui bahwa pemain perlu untuk memodifikasi penempatan jari yang tepat untuk beberapa kord. Tahu dimana posisi kord saat anda bergerak keatas dan kebawah tapi keyboard bagaimanapun Keyboard ini dibuat lebih mudah  dengan inklusi fret maker pada tuas jempol.

berikut ini video pembelajaran gitar dengan menggunakan FFK:

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda