Senin, 22 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Era Internet Menggeser Keberadaan Radio DAB

Penulis :
Senin, 26/05/2014 00.14.59 | Dibaca: 1453




Era Internet Menggeser Keberadaan Radio DAB

ubergizmo.com


 

CompusicianNews.com - Isu Terkini - Beberapa tahun terakhir banyak sekali pembahasan tentang DAB (Digital Audio Broadcasting), baik mengenai perkembangannya, kekurangan, dan tentang system analognya yang sama dengan televisi.

Di Inggris misalnya, terdapat 5 radio DAB dan radio terrestrial, utamanya karena banyak BBC Channel di DAB. Sayangnya, DAB tidak bisa ditemukan di dalam radio mobil karena radio digital tidak bisa dinikmati di dalam mobil. Pada perangkat DAB radio baru terdapat input yang memungkinkan pengguna memutar musik melalui handphone di radio.

Bagi yang berada di luar Inggris Raya, iPlayer menjadi aplikasi BBC yang menampilkan stasiun BBC, sehingga pengguna akan mengiranya seperti DAB, padahal sebenarnya tidak. iPlayer menampilkan semua stasiun BBC di Inggris Raya seperti (raido Ulster, radio Scotland dan radio Cymru) dan pengguna dapat mendengarkan radio Skotlandia melalui pemutar DAB di hampir seluruh daratan Inggris.  

iPod yang terpasang pada radio DAB dapat memainkan suara KGSR atau WRIR dari Amerika. Ini dapat memainkan stasiun radio BBC lebih banyak daripada DAB dan juga stasiun radio atau website online lainnya.

Radio teresterial FM menjatuhkan keberadaan DAB. Radio tersebut mampu bekerja dimanapun termasuk di mobil. Suaranya jauh lebih jernih dari DAB. Bahkan, radio portable FM dapat menyala selama seminggu penuh hanya dengan satu baterai. Itulah mengapa DAB tidak berkembang. Bagi para Broadcaster, internet jauh lebih murah dari penyetelan stasiun DAB, bagaimanapun juga tidak ada argumen yang menarik untuk DAB.

Semakin menjamurnya musik online seperti Youtube, cloud player, stasiun streaming, membuat kita lebih mudah mendapatkan segala sesuatu melalui internet. Solusi  ekonomisnya, yaitu dengan mengganti semua radio DAB dengan memasang Wi-Fi di setiap tempat. Pasalnya, penggunaan internet jelas lebih ekonomis dan bernilai lebih daripada mengembangkan stasiun Radio DAB yang memiliki banyak kekurangan dalam perkembangannya.   

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda